PT JG Motor Cibeureum Raih “National The Best 3S Dealer 2008”

BERKAT komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, PT Jayamandiri Gemasejati (JG) Motor Cibeureum, dealer bengkel resmi Yamaha Cabang JG Motor Group di Jalan Raya Cibeureum No. 70 Cimahi, meraih predikat terbaik untuk kategori “National The Best 3S Dealer 2008”.

Penghargaan yang diberikan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) itu diterima langsung Branch Manager JG Motor Cibeureum, Deden Damarwulan, S.T. di Jakarta pada 15 Januari lalu.

“Dengan penghargaan dalam bentuk piagam itu, tentunya yang bangga bukan hanya saya, tapi semua yang terlibat langsung dalam kerja tim. Penghargaan diberikan setelah JG Motor Cibeureum mampu mewujudkan komitmen kerja sebagai tim terbaik,” kata Deden kepada “GM” di ruang kerjanya, Rabu pekan lalu.

Penghargaan diterimanya setelah melewati proses penilaian selama setahun, yaitu sejak awal Januari-Desember 2008 dengan melibatkan dealer/bengkel Yamaha se-Indonesia. Penghargaan ini satu dari sejumlah penghargaan lain yang sempat diterima JG Cibeureum, terkait penilaian dalam bisnis motor Yamaha meliputi 3S, yaitu sales, service, dan spare part.

Deden mengakui, penghargaan yang diterimanya ini hasil kerja tim setelah mendapat dukungan dari Area Manager II Yamaha, Eliandi S. Dasuki.

“Beliau (Eliandi, red) sangat mendukung keberhasilan JG Cibeureum sebagai cabang dari JG Motor Group. Pak Eliandi sangat intens mengontrol dan membantu kinerja JG Motor Cibereum,” katanya.

Menurut Deden, keberhasilan itu diraih setelah pihaknya betul-betul menjaga standar Yamaha dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen maupun cara kerja tim. “Bahkan standar penilaian pun bisa melebihi standar yang ditentukan Yamaha,” ujarnya.

Deden mengatakan, kriteria-kriteria yang menjadi standar penilaian/perhatian tim penilai dari PT YMKI ini, di antaranya pencapaian target/omzet servis. Selain penilaian dalam hal penjualan serta ketersediaan atau kelengkapan suku cadang. Penjualan unit motor juga menjadi perhatian tim penilai. Penjualan motor di JG Cibeureum rata-rata 200 unit/bulan dari berbagai jenis.

Tidak hanya itu, kebersihan gedung, di antaranya ruang bengkel dan showroom pun dapat mendongkrak dan menjadi perhatian tim penilai. “Termasuk dalam cara melayani konsumen yang datang ke bengkel untuk melakukan servis. Mereka dilayani dengan sikap akrab dan ramah. Setelah konsumen menceritakan keluhannya, kita langsung menanganinya dengan solusi yang tepat,” katanya.

Solusi ini disertai garansi yang diberikan tim tenaga mekanik. Kepuasan yang dirasakan konsumen juga terbukti karena dalam penanganan yang selama ini dilakukan, tidak ada yang dikeluhkan oleh mereka.

Deden mengatakan, pihaknya tetap menjaga hubungan yang lebih dekat lagi dengan para sales. Pihaknya juga membantu kosumen dalam hal pembuatan atau memperpanjang pembayaran pajak motor/STNK. Bahkan dalam proses penyerahan BPKB sesuai jadwal.

Yang lebih penting lagi, katanya, pihaknya selalu mengingatkan konsumen untuk memperhatikan penggunaan motor. Mulai dari jadwal servis hingga penggantian oli mesin. “Itu merupakan bagian dari cara kerja internal tim kerja,” ungkapnya.(engkos kosasih/ “GM Selasa, 03 Maret 2009)**