JG Motor Bogor, Pelanggan Loyal Katrol Penjualan

b1suut2Bogor – PT Jayamandiri Gemasejati (JG Motor) Cabang Bogor, pada bulan ini mengalami sedikit kenaikan. Menurut B. Yudinar Branch Manager JG Motor Cabang Bogor, penjualan day by day sepanjang Maret lebih baik dari bulan sebelumnya. “Secara angka penjualan meningkat, setidaknya ada kenaikan delapan persen dari bulan lalu,” ujar Yudinar, kepada Jurnal Bogor, kemarin di Showroom-nya Jl. Siliwangi No 42 Bogor.
Yudinar menyebutkan, meski tidak terlalu signifikan namun dari bulan ke bulan selalu ada peningkatan dibanding penjualan drop awal krisis pada Oktober tahun lalu. Apakah asumsi perbaikan penjualan ini dapat dikatakan membaiknya permintaan terhadap motor? Yudinar mengatakan tidak.
Menurut Dia, naiknya penjualan paling besar dipengaruhi oleh mereka konsumen loyal ?telah melakukan pembelian berulang? JG Motor Cabang Bogor. “Dalam masa sulit ini ternyata pola customer management yang kami lakukan sangat efektif meningkatkan penjualan,” ungkap Yudhinar.
Customer management yang dimaksud adalah pengelolaan data base konsumen melalui trek pembelian maupun service. Dari data base yang dimiliki oleh JG motor itu terus dilakukan jalinan komunikasi secara berkesinambungan.
Setidaknya, JG Motor melakukan pola komunikasi dua arah melalui e-mail, telephone dan juga kunjungan langsung ke rumah. “Para sales kami dalam satu hari diharuskan mengunjungi konsumen loyal dari data base kami. Tujuannya untuk menjalin hubungan baik, serta pemberian informasi terkini tentang produk Yamaha,” terangnya.
Selain itu, JG Motor juga mengadakan program kejutan kepada pelanggan loyal. Bentuk kejutan itu dilaksanakan dalam program JG Surprise. “Program tersebut untuk menunjukkan rasa kepedulian dan perhatian kami kepada konsumen kami,” ujarnya.
Acara JG Surprise tersebut biasa dilaksanakan setiap bulan pada minggu ke-tiga mengambil hari Sabtu. Waktu pelaksanaan pun sengaja di pilih pada jam istirahat, sehingga menjadi hiburan pelanggannya. “Kami juga memberikan hadiah kepada pelanggan loyal, baik pembelian ataupun pelanggan service,” pungkasnya.( Jurnal Bogor, 25 March 2009 oleh rifky)