JG Motor Group Terima Penghargaan MarkPlus

Tak terduga sebelumnya, bahkan tak menyangka kalau perusahaannya sedang dinilai oleh MarkPlus Insight, lembaga riset pemasaran yang sudah malang melintang di Indonesia bahkan Internasional ini, menganugerahkan lambang supremasi marketing, dan kota Bandung mendapat kehormatan menjadi tuan rumah acara tersebut, dengan tajuk “Bandung Service Exellence Award (BSEA) 2009”, yang diserahkan langsung oleh Hermawan Kertajaya, di Hotel Hilton bandung, Senin (24/8).

Senjaya Irawan General Marketing, Yamaha JG Motor Group ini, Patut bersyukur dan berterima kasih kepada MarkPlus Insight, dealer yang ia nahkodai selama ini, mendapat anugerah yang luar biasa “The Best of Bandung Service Exellence Champion” category motorcycle showroom, mendapat poin tertinggi 72,7, beda tipis diikuti oleh merk ternama lainya, “ujarnya.

Irawan, mengatakan penghargaan seperti ini, akan menambah motivasi dan apresiasi tersendiri bagi perusahaannya dan akan terus berbenah melakukan yang terbaik bagi konsumen di seluruh cabang yang ada di Jawa Barat dan DKI. Pihaknya juga akan melakukan konsolidasi internal agar prestasi ini, agar terus dapat dipertahankan bahkan meningkat dari waktu ke waktu, “imbuhnya.

Irawan menerapkan pola Momen of Truth (Mot) yang didasarkan pada pola pelayanan konsumen dari mulai Office Boy (OB) hingga staf dan seterusnya wajib melakukan program 3S, meliputi senyum, salam, sapa, yang harus dilakukan oleh seluruh karyawannya agar konsumen yang datang mendapat kemudahan dan kenyamanan dalam pelayanan, “ujarnya.

Sementara itu, pimpinan MarkPlus Insight Bandung, Taufik, menuturkan penganugerahan BSEA ini, didasarkan pada survei terhadap 1000 responden di Bandung pada bulan Juni-Juli 2009. Survei ini menggunakan tingkat kepercayaan 95% dan margin error sebesar 3,2%, tuturnya.

Dikatakanya, survei ini mengukur demensi pelayanan terhadap konsumen meliputi, pelayanan pada saat sebelum membeli (pre-purchase), saat pembelian (purchase period), dan setelah pembelian (post-purchase). Pihaknya menekankan pada tiga poin tersebut ia nilai dan digabungkan dengan hasil yang lain.

Hal inilah yang menjadi dasar penilaian bagi MarkPlus guna menentukan rating masing-masing produk, menyangkut informasi akan produk/jasa, komunikasi masal, info di outlet, word of mouth, kemudahan dan kenyamanan fasilitas outlet, serta pelayanan pasca pembelian seperti jaminan adanya kemudahan penanganan komplain dan kualitas contact centre, terangnya.

Diungkapkan Taufik, MarkPlus Insight, telah banyak memberikan penghargaan bagi para pelaku industri atas kinerja baiknya, seperti Perbankkan, consumer good, elektronik, dan lembaga pelayanan publik. Adapun penghargaan ini diantaranya Indonesia Bank Loyalty Award (2005-2009), Indonesia Branded Service Award (2009) dan Malaysia Branded Service Award (2009) serta yang anyar Bandung Service Exellence Award (BSEA) 2009.

Diharapkanya, program penghargaan kinerja kepada sejumlah industri seperti ini akan terus dilakukan, selama banyak mendapat respon  positif dari para pelaku industri, sebagai nilai tambah yang pada gilirannya lokal-lokal industri champion tersebut dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain di setiap daerah untuk menjadi lokal champion berikutnya agar bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi disetiap daerah, harapnya.

(Galamedia, 27 Agustus 2009)