MotoGP Jepang Ditunda Akibat Letusan Gunung Berapi

Seperti dirilis dari motorcyclenews, gelaran seri 2 MotoGP 2010 yang akan diadakan di sirkuit Twin Ring Motegi Jepang pada 25 April mendatang kemungkinan besar akan ditunda sampai dengan 3 Oktober 2010 nanti. Hal ini diungkapkan setelah adanya keputusan dari manajemen Dorna yang telah melakukan perundingan mengenai aktifitas gunung Eyjafjallajoekull terhadap gelaran MotoGP.

Gunung yang terletak di Negara Islandia ini mengalami letusan, yang menyebabkan kawasan eropa di tutupi oleh debu vulkanik, dan menyebabkan penerbangan di eropa berstatus No Fly Zone yaitu zona larangan terbang, hal ini menyebabkan tim-tim MotoGP yang tadinya akan melakukan penerbangan ke Jepang untuk seri ke 2 terpaksa ditunda karena tidak ada jaminan dari para ahli kalau penerbangan akan kembali normal.

Dengan adanya kejadian ini maka secara otomatis jadwal MotoGP babak berikutnya akan diadakan di sirkuit Jerez, Spanyol pada 2 Mei 2010 nanti. Sedangkan pembalap yamaha yang bernomor 46, yaitu Valentinno Rossi pada hari kamis kemarin mengalami cedera akibat jatuh dari motorcross dan mengalami memar di beberapa bagian tubuhnya. Dengan penundaan ini memberikan waktu yang cukup banyak bagi Rossi untuk memulihkan kondisi untuk fit kembali, dan bagi banyak tim MotoGP memberikan waktu untuk melakukan penyetingan pada motornya masing-masing.