Econo Riding: Performa Motor Mempengaruhi Konsumsi BBM

Tahukah Anda, bahwa performa motor dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar? Setelah kita siap dengan perlengkapan berkendara saatnya kita persiapkan kondisi motor agar dapat mendukung penghematan BBM. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. Perawatan Motor Secara Rutin
  2. Lakukanlah perawatan motor anda secara rutin, ikuti petunjuk yang terdapat pada buku manual motor anda, biasanya anda diharuskan untuk melakukan servis rutin, seperti ganti oli tiap beberapa ribu kilometer, dan lain-lain. Dengan melakukan perawatan rutin ini maka mesin motor anda menjadi sehat, dan konsumsi BBM pun akan irit.

  3. Perhatikan Ukuran Ban dan Tekanan Anginnya
  4. Ban merupakan hal yang sangat penting, sebaiknya kita menggunakan ban yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan motor tersebut, anda dapat melihatnya pada buku manual motor anda. Kalaupun ingin memperbesar ataupun memperkecil ukuran ban motor jangan melebihi batas maksimum atau minimum dari motor tersebut.

    Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya anda melakukan pengecekan tekanan angin dari ban motor anda. Karena bila ban kekurangan angin akan menyebabkan beratnya kinerja mesin motor. Isilah tekanan angin ban anda sesuai petunjuk di buku manual motor anda atau lihat tekanan angin yang tertulis di bibir ban anda.

  5. Periksa Rantai
  6. Periksalah rantai motor anda secara keseluruhan (gear set), jangan terlalu kendur (longgar) ataupun terlalu kencang karena akan mempengaruhi kinerja mesin motor, dan dapat mempengaruhi konsumsi BBM motor anda. Lakukan penyetelan rantai sesuai dengan ukuran yang disarankan, biasanya tertulis pada penutup rantai motor anda. Jika rantai motor anda aus, maka sebaiknya anda mengganti rantai secara keseluruhan (satu gear set).

  7. Periksa Rem
  8. Rem, selain sebagai penghenti laju motor juga dapat mempengaruhi konsumsi BBM motor anda. Setel kerenggangan tuas dan pedal rem anda. Jangan terlau rapat, karena bila kaki atau tangan kita tidak sengaja menginjak atau menekan rem laju motor akan tertahan dan ini juka akan membebani kinerja mesin dan berpengaruh pada konsumsi BBM motor anda.

    Usahakan membagi porsi pengereman anda, depan dan belakang dengan porsi 70% rem depan, dan 30% rem belakang. Kebanyakan orang biasanya menggunakan rem belakang lebih banyak ketimbang yang di depan. Dengan pembagian porsi rem depan dan belakang otomatis tangan kanan yang tadinya melakukan penarikan grip gas pada saat pengereman akan melepas (menurunkan) grip gas tadi untuk menarik tuas rem depan, hal ini cukup berpengaruh pada konsumsi BBM, karena mesin mengalami penurunan RPM.

  9. Lepas Aksesoris Yang Tidak Perlu
  10. Saat ini sangat banyak aksesoris untuk motor, biasanya akan membuat motor terlihat lebih gagah dan keren, seperti pemasangan boks dibelakang motor, jika anda tidak terlalu menggunakan boks tersebut sebaiknya anda melepasnya, karena merupakan beban yang berlebih bagi motor anda.

    Begitu pula dengan pemasangan lampu maupun klakson tambahan, hal ini mempengaruhi beban dari sistem kelistrikan motor yang berpengaruh pada suplai kelistrikan pengapian mesin motor, jika pengapian mesin terganggu maka akan terjadi pembakaran yang kurang sempurna di dalam mesin motor dan mengakibatkan borosnya konsumsi BBM motor anda.