Byson Stabil Saat Manuver dan Jalan Lurus

Kamis (19/8) lalu Yamaha Byson diuji coba di sirkuit Sentul Jawa Barat. Trek awal dimulai dengan melintasi tiga polisi tidur berukuran besar. Pada saat melintas, tidak ada guncangan sama sekali dan motor tetap stabil karena monocross dan fork depan berukuran yang dibenamkan cukup lembut. Setelah melewati tiga polisi tidur, kami melintasi cone (rambu jalan berbentuk kerucut), tujuannya agar pengendara bisa menyimpulkan saat melintasi sambil zig-zag.

Jok lebar dengan tangki besar nyaman diapit kedua paha, ukuran stang 727mm membuat riding position Byson sangat menantang. Usai ‘melahap’ tiga polisi tidur dan beberapa cone, Byson pun langsung melaju. Hasilnya pada posisi persneling awal hentakan cukup responsif begitupun pada perpindahan ke persneling selanjutnya.

Setelah menggeber Byson pada trek lurus, saatnya melakukan manuver pada tikungan yang cukup tajam. Hasilnya, tidak ada getaran sama sekali, sementara bodinya yang cukup besar tidak mempengaruhi getaran apapun. Byson tetap melaju stabil sesaat setelah melakukan manuver. Ban tubeless yang disematkan pada bagian depan dan belakang sedikit berpengaruh. Ukuran ban belakang yang lebih besar membuat motor melaju dengan lancer dan tidak ada getaran dan goyangan saat menikung. Speed-nya juga sangat mumpuni dengan kapasitas mesin 153cc. Kesimpulan yang didapat usai test ride, Byson asyik saat digeber dijalan lurus dan stabil saat manuver ditikungan.

Buat bikers yang ingin dapat gaya dari sebuah motor “Lelaki” Byson menjadi pilihan utama. Dengan mesin 153cc, ditambah stang lebar dengan ban tubeless memberikan pegangan tepat untuk bikers yang punya jiwa petualang sekaligus ingin bergaya. Kelebihan itu hanya ada di Byson yang akan dipasarkan tidak lama lagi di dealer Yamaha.

Ketahanan Byson Di Riset Selama 3 Tahun

Pada undangan Test Ride Yahama Byson mendapat penjelasan langsung dari GM Promotion & Motor Sport Division, Paulus S. Firmanto. “Pihak Yamaha sudah melakukan riset selama tiga tahun. Kami telah melakukan pengujian dan pengetesan terhadap ketahanan. Karena itu, motor ini akan kami luncurkan dalam waktu dekat nanti,” terangnya, saat jumpa pers test ride Yamaha Byson di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Ditambahkan Paulus, target pasar motor yang tankinya mampu menampung bahan bakar hingga 12 liter ini adalah kalangan anak muda yang gaya dan macho namun tetap cool. Dari segi desain dan konsep mesin, Yamaha Byson memang berbeda dengan pendahulunya. Motor ini mengusung mesin 4 langkah, SOHC, 2 klep dengan pendingin udara, tipe rangka diamond, dengan karburator Mikuni BS26x1, serta fork depan menggunakan ukuran lebih besar yakni 41 mm. Sebagai tambahan, Byson menggunakan dua ban tubeless (depan: 100/80-17M/C 52 P – belakang : 120/70-17M/C 58 P.

“Motor ini beda dengan pendahulunya. Dari segi konsep, desain hingga mesinnya berbeda dan baru. Kami memang tidak mau terburu-buru merilis motor ini. Namun demikian, setelah lebaran motor ini bisa Anda dapatkan di dealer-dealer terdekat,” imbuhnya. Motor Byson tersedia dalam warna merah maroon, hitam, biru dan putih.

Sumber: www.yamaha-motor.co.id

Tinggalkan Balasan