Prediksi Strategi Yamaha di Musim Berburu 2011

Jika bicara musim balap tahun 2010 dan tahun ini, akan hambar tanpa ngomongin Ben Spies. Pembalap asal Texas itu ternyata begitu istimewa di mata Poncharal (Manajer Yamaha Tech 3). Spies dikenal sebagai rider yang militan dan tak banyak toleransi terhadap lawan-lawannya.

Meski sedikit temperamental. Sosok Ben tetap tenang dengan berbagai provokasi di lapangan. Wajar, beberapa hasil positif di musim lalu menempatkannya sebagai rookie of the year. Sebuah apresiasi tertinggi di MotoGP, bagi pembalap debutan dengan hasil di atas rata-rata pebalap kawakan lainnya.

“Ben sangat kuat dan berbakat. Tak berlebihan jika tahun ini dia menjadi rookie of the year, sebuah pengakuan tinggi dari lembaga balap MotoGP, bagi pebalap terbaik di musim perdananya,” kata Poncharal.

“Sekarang dia akan pergi ke tim yang lebih tinggi lagi. Kami kehilangan seorang pengendara yang sangat baik. Tapi, its oke, setidaknya kami telah mengantarkan Ben di atmosphere balap MotoGP, dan sekarang dia siap menang”

Maka atas nama prestasi Poncharal tak ragu merekomendasikan Spies untuk dipinang tim utama Yamaha di musim balap 2011 ini. Nah, untuk mengisi tempat yang ditinggalkan Ben. Poncharal sukses besar meminang juara Super Sport 600 cc yaitu Cal Cruthlow.

Cal begitu sapaan akrabnya. Adalah rider multi teknik yang sangat “licik”. Style balapnya hampir seperti De Puniet. Tampil tanpa ragu dan suka mengecoh bahkan menutup lobang lawan-lawannya. Jelas ini karakter yang di butuhkan Yamaha untuk mengamankan gelar juara dunianya.

“Saya yakin Colin akan membantu Cal, seperti Ia membantu Ben. Dia sangat cepat dan seorang pemain tim dan telah memainkan peran besar dalam kesuksesan Ben, dan saya harap Ia lakukan juga pada Cal. Sebagai catatan Cal adalah seorang pebalap yang berkarakter 100% (totalitas), Ia tak ragu menekan lawan mainnya, siapapun dia. Itu salah satu alasan tim memilih Cal” kata Puncharal.

Trio Lorenzo, Spies dan Cal di Sokong Collin Edward

Akhirnya musim “perburuan” 2011 akan segera bergulir. Lorenzo meski sebagai target of the man. Tapi dia lebih diuntungkan dengan kondisi timnya yang semakin kondusif dan menyatu. Spies tentu tak akan membiarkan lawan-lawannya memburu Lorenzo secara terus menerus. Maka Ia harus mengisi setiap jengkal langkah yang ditinggalkan Lorenzo.

Jika Spies gagal. Step berikutnya ada Cal si pendobrak. Untuk itulah dibutuhkan pengalaman Collin Edwards untuk terus menyokong Trio Lorenzo, Spies dan Cal Cruthlow. Jika skema ini sesuai rencana, maka tahun ini rider-rider tetap menjadi “pemburu yang diburu” untuk karena juara MotoGP 2011. bagaimana perburuannya? Mari kita saksikan bersama.

Tinggalkan Balasan