Intip Kelebihan Xeon 125 cc

xeon-peek3

Setiap motor keluaran terbaru selalu dibekali dengan kemampuan, fasilitas ,desain dan lain-lain yang serba baru pula. Hal ini sangat lumrah bagi kita. Namun, kita sebagai konsumen tentunya berkeinginan memiliki motor yang awet, nyaman, mudah dikendarai, kemampuan mesin yang mumpuni dan terjangkau.

Untuk segi kenyamanan dan kemudahan, telah banyak orang melirik skuter matik sebagai pilihannya. Akan tetapi kita juga harus pandai dalam hal mengenali skuter “calon tunggangan” kita nantinya.

Performa mesin yang mumpuni dan juga gebrakan teknologi baru yang diusungnya,  menjadikanYamaha Xeon skuter matik handal yang diciptakan untuk menjawab semua tantangan itu. Kelebihan apa ya yang ditawarkan Xeon? Sebagai pencerahan yuk langsung saja kita intip kelebihan Yamaha Xeon!

jgmotor-xeon-forged-piston1

Proses pembuatan dari beberapa bahan pilihan yang dipadatkan (tempa), lalu dibentuk jadi piston. Sehingga punya struktur lebih rapat dan kuat dibanding proses casting (cetak). Pada permukaan dinding piston dilapisi timah yang berfungsi meminimalkan gesekan. Forged piston ini digaransi  5 tahun loch! Wooow…..mantab kan bro!..

Sumber : YMKI

jgmotor-xeon-liquid-cooled

Pendingin terus beredar antara radiator inidan silinder ketika mesin sedang berjalan.Efek pendinginan juga dibantu oleh kipas yang mampu mencegah mesin terlalu panas sehingga liquid-cooled aman untuk digunakan dalam kota, di mana lalu lintas sering macet. Selain itu, Xeon memakai sistem pendiginan CVT-nya terintegrasi dengan rangka. Sehingga udara yang masuk ke ruang CVT lebih bersih

Sumber :YMKI, baca juga wikipedia.org

jgmotor-xeon-diasil-cylinder

Teknologinya mirip Jupiter MX 135 dan V-Ixion. Proses pembuatannya secara die casting (cetak), bukan lapisan. Sebab material aluminiumnya sudah dicampur silicon yang sangat licin. Sehingga lebih minim gesekan dibanding silinder biasa. Efeknya,  meski digeber hingga putaran tinggi risiko piston macet jadi sangat kecil. Selain itu, power mesin juga jadi lebih stabil. Makanya  PT YMKI berani menggaransi sampai 5 tahun buat komponen ini.Wooow…..mantab..lagi nih!.

Sumber : YMKI , baca juga www.japancorp.net

jgmotor-xeon-throttle

Karburator motor ini mengusung model vakum, yakni pakai Mikuni BS26 (diameter venturi 26 mm). Dilengkapi cuk otomatis dan sensor pengatur derajat pengapian berdasarkan bukaan throttle-nya atau tenar disebut throttle position sensor (TPS) kayak di Jupiter MX.

Sumber : YMKI , baca juga www.ototrend.com

jgmotor-xeon-desain

Konsep ergonomi diterapkan pada desain tempat duduk, dengan mengutamakan kenyamanan dan mengoptimalkan ruang penyimpanan dibawahnya (bagasi). Xeon memiliki bagasi yang luas untuk memuat perlengkapan dan helm kesayangan kita.

Sumber : YMKI, baca juga www.wikipedia.org

xeon-multi-main-switch

Motor ini kunci kontaknya sudah dilengkapi key shutter atau kunci magnet. Untuk membuka penutup lubang kunci, diberi tombol khusus yang berada di sisi kiri lubang kunci tersebut. Tak cuma itu, untuk membuka jok belakang pun dioperasikan lewat kunci kontak.

Sumber: YMKI

turbo-fan

Berfungsi untuk mendinginkan mesin dan radiator pada saat mesin hidup atau berjalan, sehingga kestabilan pendinginan terjaga dengan baik.

Sumber : YMKI

Setelah mengetahui beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Yamaha Xeon 125 cc ini, mungkin masih banyak segudang pertanyaan. Semuanya dikembalikan kepada Anda, sejauh mana Anda mau mengenali “calon tunggangan Anda” ini. Selamat berekplorasi!….