Tsunami di Jepang, motoGP Atur Ulang Jadwal Balap 2011

japan-tsunami

Gempa bumi yang mengguncang Jepang dengan kekuatan 8,9 SR pada hari Jumat 11 Maret 2011 lalu yang kemudian disusul oleh gelombang tsunami telah meluluhlantakan Jepang. Sampai hari ini kurang lebih seribu orang telah dikabarkan meninggal dunia. Semua pihak berduka dan berusaha membantu dengan menyalurkan bantuan. Demikian juga dengan pihak motoGP yang merasa sudah seperti keluarga dengan negeri Matahari Terbit itu. Karena bencana tersebut, membuat kalender balap motoGP tahun ini ikut berantakan. Dorna, selaku penyelenggara balap motor paling bergengsi ini mengaku masih menunggu kelanjutan situasi di Jepang. Jika memang tidak memungkinkan, kemungkinan lokasi pagelaran balap akan dipindahkan.

Sirkuit Motegi yang menjadi kebanggan masyarakat Jepang belum diketahui kondisinya. Menurut kalender, sirkuit ini akan menggelar balap motoGP pada putaran ketiga yang jatuh pada 24 April mendatang. Melihat kondisi yang sedemikian parah, panitia berniat untuk melakukan perubahan jadwal. Dorna juga masih menunggu perbaikan dan terus memantau dan berhubungan dengan pemerintah Jepang untuk mendapatkan kepastian dan kabar terkini seputar kondisi disana.

Dikutip dari Autosport, bos Dorna Carmelo Ezpeleta mengaku bahwa Jepang merupakan salah satu negara penting dalam perhelatan motoGP. Karena itu, musibah yang menerjang negara itu membuat semua pihak turut berduka. ”Kami terus memantau kondisi di Jepang. Kami berharap tidak akan mengganggu persiapan untuk menggelar balap di sirkuit Motegi. Namun demikian kami sangat terpukul dan berduka atas bencana alam yang menewaskan banyak penduduk itu,” ujarnya. Selain itu, sebagai bentuk ungkapan berduka dan meringankan beban korban tsunami, pihak Dorna berniat untuk ikut memberikan bantuan.

Sumber : motodream.net (edited)