Aki : Nyalakan Lampu di Siang Hari Ga Masalah

lampu-siang

Di Indonesia fitur sepeda motor Automatic Head Lamp On yang akan menggantikan fungsi saklar sedang digalakan. Hal ini untuk memenuhi ketentuan Undang-Undang No.22 Tahun 200tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107 yang mana pengendara diwajibkan menyalakan lampu pada siang hari. Alasannya agar pengendara dapat lebih mengetahui posisi pengendara lainnya sehingga diharapkan dapat menekan seminim mungkin angka kecelakaan lalu lintas.

Di jalan raya pengemudi kendaraan besar sering kali kesulitan untuk mengetahui posisi pengendara motor karena ukurannya yang lebih kecil. Disamping itu, kendaraan besar seperti mobil dan truk memiliki blind spot/titik buta (Bagian yang sulit untuk melihat kendaraan lain) khususnya terhadap sepeda motor. Oleh karena itu, menyalakan lampu meski disiang hari sangatlah penting. Karena cahaya lampu dapat membantu mendeteksi keberadaan posisi sepeda motor tersebut, dengan begitu dapat menghindari senggolan atau tabrakan yang dapat berakibat fatal.

Beberapa pertanyaan yang seringkali muncul adalah efektifitas dan efisiensi menyalakan lampu di siang hari kaitannya dengan pemakaian accu (aki). Apakah dengan menyalakan lampu di siang hari dapat menyebabkan waktu pemakaian aki menjadi lebih pendek/ boros? Berikut ini sekilas penjelasan teknis kaitannya antara hubungan aki dengan lampu.

Fungsi Aki atau Battery

Aki atau Battery adalah media penyimpan arus (satu arah) yang arus pengisiannya diperoleh dari Spull (Generator/Stator). Pada aki terdapat pola kerja Charge (mengisi) dan Discharge (melepaskan) yang jika digunakan akan ada pengisian kembali yang dilakukan oleh (generator/Stator).

Sistem penyalaan lampu depan ada 2 mekanisme:

  1. Menggunakan arus Bolak Balik langsung dari Lighting Coil (Generator).
  2. Menggunakan arus searah atau berasal dari Aki (Battery).

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat aki lebih awet antara lain:

Putaran mesin (RPM Mesin) harus sesuai standard pabrik yakni >1400 Rpm , agar proses pengisian dari spull tetap stabil dan jika digunakan pada siang hari tetap mendapatkan pengisian kembali, sehingga keawetan aki tetap terjaga. Jika RPM mesin terlalu rendah, tentu akan menyulitkan proses pengisian kembali yang akibatnya aki menjadi cepat soak (Discharge). Dengan demikian keawetan umur aki tergantung dari cara penggunaan dan perawatan dari pengguna sepeda motor itu sendiri dan bukanlah karena dinyalakan di waktu siang hari. Namun hal penting untuk biker ingat bahwa penerapan fitur Automatic Head Lamp On bertujuan untuk menunjang keamanan berkendara. Semoga bermanfaat 😉

Sumber : motodream