Fantastis : Lima Hari Diterapkan, 986 Pengendara Motor Terjaring Tilang Elektronik

kamera-monitor-pelanggar-la1

Demi menekan angka kecelakaan khususnya bagi pengendara motor dan untuk terciptanya kedisiplinan selama berada dijalan raya, Polda Metro Jaya menerapkan aturan baru. Regulasi tersebut adalah penerapan sistem tilang elektronik bagi pengendara yang sering melakukan pelanggaran atau tidak tertib. Untuk hal ini, Polda Metro Jaya baru saja memberlakukan sistem tilang elektronik dibeberapa kawasan. Salah satunya adalah daerah dengan aktivitas tinggi dan rawan pelanggaran seperti di Jalan MH Thamrin, Jakpus.

Sudah lima hari penerapan sistem tilang elektronik diberlakukan. Jumlah pelanggar yang tertangkap kamera sangat tinggi. Seperti yang dirilis Dirlantas Polda Metro Jaya, keseluruhan pelanggar mencapai angka 1.570. Dari angka tersebut, pengendara motor paling banyak terjaring tilang elektronik sebanyak 986. Sementara sisanya adalah pengendara mobil. Menurut AKBP Yakub Dedi yang menjabat sebagai Kasubdit Gakum Direktorat Lantas Polda Metro Jaya mengaku dengan diberlakukannya sistem tilang elektronik semua pelanggar akan terdeteksi.

Selain itu, walau sudah disosialisasikan sebelumnya, namun pelanggaran tetap terjadi. Namun demikian, Dedi mengaku ada beberapa pengendara yang belum tahu adanya tilang elektronik. Polisi memasang kamera dibeberapa lampu merah untuk memantau situasi dan pelanggaran dari pengendara yang bandel. Kendati demikian, Dedi juga membocorkan resep agar terhindar dari tilang elektronik. Pertama, pengendara motor dan mobil wajib berhenti saat lampu lalulintas berwarna merah dan berhenti dibelakang garis putih (stop line).

Selanjutnya, jangan pernah menerobos lampu lalulintas yang sedang menyala merah, apapun alasannya. Terakhir, pengendara tidak diperbolehkan memasuki kotak warna kuning saat menunggu lampu lalulintas berwarna merah. Jika semua diperhatikan dengan baik, pengendara akan lolos dari tilang elektronik dan surat tilang tidak akan datang ke rumah pengendara motor atau mobil.

Sumber : motodream (edited)