Aman Berkendara Dengan Sikap Tubuh Yang Benar

yamaha-motor

Tipe : Motor Sport

Berkendara yang benar tidak cukup hanya mematuhi rambu lalu lintas saja, melainkan juga harus dibarengi dengan teknik mengemudi yang benar. Sikap tubuh yang benar saat berkendara sangatlah penting untuk memperoleh informasi tepat saat mengenali situasi di jalan dan menjalankan sepeda motor dengan baik. Sikap tubuh yang benar akan memudahkan kita melakukan keseimbangan dan merespon situasi yang tiba-tiba berubah, serta agar tidak cepat lelah.

Dalam berkendara, pemula biasanya mencontoh dari citra visual mereka ketika melihat orang lain sedang berkendara. Tidak semua pengendara telah menerapkan teknik berkendara secara benar. Oleh karena itu, teknik berkendara yang tidak tepat yang diwariskan secara turun temurun harus segera diperbaiki.

Tahukah Anda, kalau sikap dan posisi mengemudi yang salah dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan kita? Duduk lama dengan posisi yang salah dapat menyebabkan otot-otot punggung menjadi tegang dan dapat merusak jaringan lunak sekitarnya  (Chang, 2006). Pegal-pegal dan rasa lelah yang berlebih bahkan keseleo pun tak jarang dirasakan oleh para pengendara sehingga mengganggu konsentrasi saat berkendara. Bila konsentrasi sudah terganggu dan tidak cepat mengambil waktu istirahat, sikap tubuh dalam merespon situasi  pun menjadi kurang responsif. Akibatnya sangat riskan akan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Ciptakan berkendara yang benar dengan teknik dasar sikap tubuh berikut ini:

Wajah

  • Pandangan melihat jauh ke depan untuk mendapatkan informasi/keadaan di sekitar arah yang hendak dituju.

Lingkungan saat berkendara secara visual sangat beragam dan seringkali mengganggu konsentrasi kita. Daya tarik dari suatu objek yang secara tidak sengaja kita lihat sewaktu berkendara seringkali membuat konsentrasi buyar. Pengendara terkadang lupa bahwa dirinya sedang mengemudi dan pandangan fokus terhadap daya tarik objek yang ditemui. Berkonsentrasilah terhadap arah tujuan Anda.

Tangan

  • Pegang grip stang dengan santai dan sudut pergelangan tetap normal (120 derajat).

yamaha-motor-ankel1

Posisi pergelangan tangan yang salah sewaktu memegang grip tak jarang membuat tangan pengendara keseleo sewaktu menarik rem secara tiba-tiba maupun ketika bermanuver. Hati-hati! rasa nyeri sesaat atau berkelanjutan pada pergelangan tangan dapat mengganggu keseimbangan saat membawa kendaraan.

Sikut

  • Lengan harus tetap rileks dan sikut agak dibengkokkan.

Sikut berperan untuk menjaga keseimbangan dan bermanuver saat melewati medan jalan yang beragam dan situasi yang tiba-tiba berubah.

Bahu

  • Bahu harus rileks dan punggung tetap tegak.

Kaki

  • Letakkan telapak kaki pada injakan/pedal.
  • Jari kaki tetap menghadap ke depan.
  • Posisi telapak agak horisontal.

Lutut

  • Tempelkan kedua lutut pada tanki.
  • Ada kalanya menjepit tangki dengan kuat supaya saat melewati jalan rusak atau menikung supaya keseimbangan terjaga.

Pinggul

  • Duduklah pada posisi yang baik sehingga memudahkan gerakan lengan dan kaki.
  • Janganlah duduk terlalu di depan, bergerak ke kanan dan ke kiri ataupun ke belakang, karena akan mengganggu keseimbangan.

Tidaklah sulit untuk menerapkan teknik sikap tubuh yang benar bukan?