Arti Dibalik Nama Motor Yamaha

yamaha-semua-tipe

Apakah ‘nama Anda’ mengandung arti dan makna istimewa? Kebanyakan nama yang telah diberi oleh sang Ayah dan Bunda bermakna sebagai sebuah harapan dan doa, serta nama juga pasti akan mewakili presepsi tentang sesuatu. Sama halnya bagi Yamaha, setiap nama memiliki arti. Begitu pula pada setiap deretan  motor yang telah diperkenalkan pada masyarakat luas. Nama yang baik akan mencerminkan kepribadian sebuah sepeda motor.

Namun, tak banyak yang menyadari bahwa ternyata membuat nama sepeda motor sangat menyenangkan. Hal ini dirasakan Muhammad Abidin, Assistant GM Service, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).m-abidin-yamaha

Saat masih bertugas di tim product planning, pria ramah ini acap kali terlibat dalam penamaan motor-motor baru Yamaha. “Saat itu, saya ikut membuat nama-nama untuk beberapa model Yamaha,” kenangnya.

Setiap motor yang dimiliki oleh Yamaha selalu memiliki sejarah unik baik di balik namanya maupun dalam hal pencarian nama tersebut. Terkadang sebuah nama didapat dengan cara yang unik mulai dari ketika memandang langit hingga melihat film kartun.

Sebagai contoh untuk nama ‘Xeon’, menurut Assistant General Manager Technical Support PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Muhammad Abidin didapat ketika dirinya sedang menonton film kartun bersama sang anak.

“Xeon saya dapat ketika saya sedang menonton bersama anak saya. Ketika itu ada tokoh kartun yang pakai sinar laser sebagai senjata. Dia selalu teriak Xenon, saya pikir nama itu bagus juga. Biar lebih bagus gimana kalau huruf ‘n’ yang ada di tengah dihapus,” ungkapnya.

Sementara untuk pemberian nama ‘Mio’ menurut Abidin diambil dari bahasa Italia yang bila diartikan secara kasar berarti ‘cantik’. “Karena awalnya Mio kan memang dikhususkan buat wanita,” imbuh Abidin.

Sedangkan untuk Yamaha Vega menurut Abidin lagi-lagi didapat ketika menonton sebuah film. Kali ini film yang ditonton bercerita tentang seorang wanita yang sanggup menemukan sebuah bintang baru yang kemudian diberi nama ‘Vega’.

“Dari situ kita dapat inspirasi. Yamaha itu hidup dari mimpi dan varian bebek dua-duanya memang berorientasi ke langit. Seperti Vega ini dan Jupiter. Jupiter merupakan planet terbesar dan karenanya kita mau Jupiter series kita menjadi sebuah produk yang besar pula,” tandas Abidin.

“Sementara Lexam kita ambil dari kata Luxury yang berarti mewah. Ada juga padanan nama latinnya yakni Lavamentum yang artinya mewah dan comfort,” ujarnya.

Namun ada hal menarik di barisan motor sport Yamaha. Bila kakak tertua menggunakan nama binatang seperti Scorpio yang mampu menyengat dan sang adik memiliki nama Byson yang mampu menyeruduk, motor injeksi Yamaha malah bernama V-xion yang tidak berhubungan dengan binatang.

“Kalau V-xion awalnya kita mau nama yang dulu pernah bocor (Viper). Tapi sudah keburu ketahuan dan lagi nama itu sudah dipegang Dodge, kita sebenarnya mau urus namanya, tapi ya sudahlah ganti nama yang benar-benar baru saja. Karena itu terpilih V-xion yang diambil dari kata vision. Dengan V-xion kita ingin tunjukkan visi dan komitmen Yamaha di sisi teknologi,” paparnya.

Sumber : Dari berbagai sumber