Duo Yamaha Cari Bibit Muda Berbakat Lewat “Free Your Soul High School Band Competition”

yamaha-festival

PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) dan Yamaha Music Indonesia kembali berkolaborasi untuk menemukan bibit-bibit muda berbakat. Ini adalah kerjasama untuk tahun kelima secara berturut-turut. Dua event besar akan diselenggarakan yakni Free Your Soul dan Asian Beat Festival. Langkah awal adalah seleksi yang dimulai dari High School Band Competition yang menegaskan peran serta Yamaha Music untuk mendukung kegiatan Yamaha Motor. Dengan perubahan tersebut, pagelaran Free Your Soul kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini, Yamaha Motor dan Yamaha Music mengganti tema baru yakni Free Your Soul High School Band Competition.

Yamaha Motor dan Yamaha Music memiki misi yang sama lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dan kepada kaum muda,” tutur Eko Prabowo, GM Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia.

Menurut Eko, setiap orang pasti memiliki lebih dari satu hobi. Seperti pemusik pasti punya hobi lain seperti otomotif dan yang lainnya. Atas dasar itu pula, kerjasama yang kembali dijalani antara dua pabrikan beda dunia ini diyakini akan mampu menguatkan citra keduanya.

Pagelaran akbar ini akan digelar di tiga kota besar di Indonesia antara lain Jakarta, Bandung dan Jogyakarta. Setiap sekolah SMU dari tiga kota tersebut akan mengikuti babak penyisihan. Dua band terbaik dari setiap kota akan mengikuti babak grand final di Jakarta. Yang lebih menarik, pemenang pertama dari babak grand final itu akan mendapatkan hadiah utama mengikuti Asean Beat di Korea Selatan pada November 2011. Asean Beat sendiri adalah kompetisi band yang diikuti band-band pemenang event Yamaha dari negara-negara Asia Pasifik.

Kendati waktunya belum ditetapkan, dipastikan acara itu akan dimulai usai Lebaran atau sekitar bulan September 2011. Untuk calon peserta, pihak Yamaha Motor dan Yamaha Music sudah memiliki kriteria yakni pelajar SMU serta lagu yang dibawakan adalah hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan. Menurut Eko Prabowo selaku GM Marketing Promotion & Motorsport PT YMKI menjelaskan, kerjasama ini adalah edisi terbaru dari dua event yang dirangkum dalam satu aktivitas dan tema. Selain itu, digelarnya acara ini sebagai media untuk menjaring konsumen baru dari kalangan pelajar.

Ini adalah kolaborasi yang terbaik yang pernah ada. Yamaha Motor dan Yamaha Music selalu bersinergi dalam merangkai setiap event yang berhubungan dengan musik. Karena itu, tidak heran jika pagelaran acara Free Your Soul sudah memasuki tahun kelima-nya. Mudah-mudahan acara yang akan digelar di Jakarta, Bandung dan Jogyakarta nanti akan berjalan sukses,” ujarnya di gedung Yamaha Music, Gatot Soebroto, Jakarta (24/05/11). Sementara itu, President Director Yamaha Music, Tsurumi memaparkan, beberapa agenda sudah disusun antara pihaknya dengan Yamaha Motor. Namun demikian, perlu lebih intens menggelar pertemuan untuk mematangkan konsep.

Yamaha Music sudah menggelar event Asian Beat sejak tahun 1983 silam. Sampai saat ini terus berjalan dan sudah menghasilkan beberapa musisi papan atas. Padahal sebelumnya, nama seperti Yovie Widianto, Trie Utami dan Ruth Sahanaya tidak ada yang kenal. Tapi setelah mengikuti ajang ini nama mereka semakin besar dengan karya-karya yang berkualitas,” terang Tsurumi. Menurut rencana, kejuaraan ini akan digelar pada bulan September, sementara final yang diselenggarakan di Seoul baru akan dilaksanakan pada November 2011 mendatang.

Sumber : motodream

Tinggalkan Balasan