Tips Terhindar Dari Aksi Pencurian Helm

helm-bagus

Jumlah pengendara sepeda motor terus bertambah dari hari ke hari terutama di kota-kota besar di Indonesia. Sistem transportasi masal yang kurang memuaskan dan kondisi jalan yang sering macet memaksa sebagian pengguna jalan beralih untuk menggunakan sepeda motor.

Banyaknya jumlah pengendara motor, peraturan pun semakin ketat. Kewajiban bagi pengendara sepeda motor untuk menggunakan helm standar nasional (SNI) yang relatif mahal harganya, mau tak mau harus dilaksanakan. Namun para tangan-tangan jahil ternyata banyak yang memanfaatkan kondisi tersebut sebagai peluang untuk melancarkan aksi kejahatan mereka demi meraup rupiah.

Helm bagus dan mahal memang menumbuhkan rasa bangga memilikinya dan mampu memberi nilai plus bagi penampilan bikers. Tapi jika sudah hilang akibat ulah pencuri , rasa kesal, marah, sedih bercampur menjadi satu akhirnya membuat hati pun menjadi lemas nelangsa tak berdaya menahan gejolak emosi 🙁 dan kata-kata sihir pun akhirnya berhamburan keluar 🙂 .

Bila sayang dengan helm istimewa bikers maka dibutuhkan kerja ekstra untuk menjaganya agar tidak hilang diambil oleh para pencuri helm yang kian marak. Baiknya lakukan pencegahan untuk menghindari musibah tersebut.

Berikut ini beberapa tips ringan namun sangat ampuh untuk pencegahannya :

  • Hendaknya Dibawa Kemana Pun Kita Pergi

Masukkan ke dalam tas ransel atau tas lain yang bisa memuat helm bikers. Bawa selalu helm tersebut ke mana pun bikers pergi dan letakkan helm tersebut di tempat yang mudah untuk bikers awasi.

  • Dititipkan Di Tempat Penitipan Helm Resmi Berbayar

Biasanya di tempat parkir motor yang profesional menyediakan layanan penitipan helm di mana bikers bisa menaruh helm  tanpa ada keresahan akan kehilangan.

  • Dimasukkan Ke Dalam Bagasi/Boks Motor

Tidak ada salahnya bikers untuk membeli atau membuat bagasi/boks motor demi keamanan dan kenyamanan berkendara. Pilihlah ukuran sedang atau besar agar bisa memuat dua helm sekaligus. Dengan helm ada di dalam boks maka akan mengurangi kemungkinan helm hilang dicuri.

  • Membawa Helm Layak Pakai Tetapi Jelek dan Murahan Secara Penampilan

Harga/helm yang murah dan sulit untuk dijual kembali oleh pencuri spesialis helm di pasar gelap akan membuat helm yang jelek tersebut aman dari jarahan para pencuri. Jika menurut para pencuri helm bikers murahan, maka dia akan berpikir dua kali untuk mengambil helm bikers. Misalkan dengan mengubah warna tampilan helm dari yang awalnya bagus menjadi kurang menarik dipandang mata. Dengan begitu otomatis helm kita akan selalu dilewati oleh para pencuri ulung spesialis helm motor. Helm yang aneh/unik juga tidak disukai oleh para pencuri helm karena membutuhkan pengorbanan untuk mempermak kembali seperti sedia kala.

Orang jahat ada di mana-mana sehingga ketika ada kesempatan, maka orang yang hendak berbuat jahat tadi akan melakukan tindak kejahatannya. Oleh karena itu, mencegah adalah usaha yang sangat bijak agar terhindar dari aksi kejahatan tersebut. Daripada bikers harus membeli helm baru sehabis hilang atau pulang ke rumah dengan perasaan nelangsa 🙁 . Semoga tips singkat ini bermanfaat untuk biker semua 🙂 .

Sumber : organisasi.org (edited)

Tinggalkan Balasan