JG Ciwastra, Triwulan Pertama Konsumen Naik

Tim JG Motor Ciwastra

Keberadaan Dealer Yamaha JG Ciwastra yang cukup strategis di antara pinggiran kota yang diliputi oleh banyak perumahan besar yakni Metro, Margahayu Raya dan lain-lain, sangatlah representatif. Alasannya, konsumen kebanyakan adalah para warga yang memang sangat membutuhkan kendaraan guna keperluan pribadi maupun keluarga. Kultur masyarakatnya pun berbeda dengan cabang-cabang JG Motor lainnya seperti yang ia alami saat di JG Bandung, Jl. BKR NO. 5 Lingkar Selatan Bandung. Hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi armadanya dengan melaksanakan program PK3 (Pelayanan, Kebersihan, Ketertiban & Kerapihan).

Salah satu usaha beliau adalah dengan menggenjot motivasi para armadanya yang tak kurang dari 35 orang guna memperoleh penjualan yang tinggi sesuai target perusahaan. Terbukti, baru 1 tahunan ia menggawangi JG Ciwastra yang memegang merk motor Yamaha ini cukup menggeliat. Alhasil, triwulan 2011 ini hasilnya cukup bagus, walaupun demand turun hampir 25% dari tahun dan bulan yang sama tapi supply naik. Faktor utamanya adalah adanya kompetitor merk lain yang memberikan DP lebih rendah. Namun hal itu tak menyurutkan pasukannya guna bekerja lebih keras lagi. Target 200 unit per bulan pun hampir diraihnya.

Dituturkan, Iwan Wirawan, Branch Manager JG Ciwastra, dirinya selalu percaya pada kemampuan seluruh pasukannya walaupun situasi kurang begitu bagus, pasti selalu ada jalan dengan cara menstabilkan seluruh diskon dan DP yang telah diatur oleh Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Dengan diskon yang stabil, nilai jual kita akan semakin baik yang akhirnya profit bagi perusahaan akan naik juga. Dibuktikannya dengan kondisi seperti sekarang kami masih bisa mencapai 87% dari target perusahaan. “Kalau target YMKI, kita sudah aman tapi target perusahaan kurang 13%, tapi ini akan kami kejar di bulan berikutnya,” tuturnya.
Sedangkan dari bengkel, kata Iwan, triwulan pertama ini naik 14% yakni 1.150 unit per bulan dari tahun sebelumnya. Alasannya, dengan program Value Card, konsumen lebih tertarik melakukan servis motornya di JG Motor. Selain dapat mencatat riwayat motornya juga dapat digunakan sebagai kartu diskon di merchant-merchant yang dapat diperoleh oleh konsumen sebagai nilai tambah baginya.

Motor matic sangat mendominasi servis kali ini, hingga 60%, jenis bebek 30% dan sport 10%. Di bulan Mei ini saja jenis Vixion hampir 3 unit turun mesin. Sebenarnya gejala awalnya cukup sepele, hanya telat ganti oli yang akhirnya berbuah malapetaka. Kita akan himbau seluruh masyarakat bahwa oli harus rutin diganti bila aktivitas cukup tinggi,” katanya.

Ditambahkan Iwan, selain letak dealernya memang strategis, juga dilengkapi sarana bengkel yang memadai dan ditangani oleh tenaga mekaniknya yang terampil dan handal, dengan diraihnya The Best bengkel dan The Best Mekanik, konsumen tak usah khawatir dengan kemampuan para mekanik JG Motor. Melonjaknya konsumen ke delaernya, hal ini suatu bukti bahwa kami senantiasa kreatif menciptakan hal baru untuk kepuasan konsumen.

Tak kurang dari 8 Pit, 7 orang mekanik, 1 chief, 3 helper, 1 counter service dan 1 office spare parts telah disiapkan. Tak lupa di JG Ciwastra seluruh konsumen yang servis akan diberikan layanan cuma-cuma cuci motor. Mudah-mudahan ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi konsumen yang datang ke dealer kami,” imbuhnya.

Diharapkan, dewasa ini masyarakat cukup kritis dalam menyikapi berbagai hal. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada seluruh armadanya untuk senantisa mengikuti keinginan konsumen dengan cara menciptakan produk layanan yang sesuai dengan selera mereka. Usaha lain dapat disiasati dengan cara menciptakan sesuatu yang baru supaya konsumen selalu penasaran dengan layanannya.

Apa kiat “Bang Iwan” atas pencapaiannya yang cukup memuaskan tersebut?

Iwan WirawanKunci sukses saya hanyalah BBI, yaitu Berusaha, Berdoa dan Ikhlas“, demikianlah tutur Iwan Wirawan yang akrab disapa “Bang Iwan” ketika ditanya perihal kesuksesan JG Ciwastra. Sebagai Branch Manager JG Ciwastra, prinsip BBI tadi menjadi pegangan dirinya dalam melakukan rutinitas dan diwujudkan dengan tindakan nyata. Hal inilah yang menjadikannya lebih santun, lebih banyak menghargai proporsionalisme, di saat bekerja, sering memberikan motivasi, saat di luar kantor lebih memposisikan bawahannya sebagai rekan kerja.

Bagi saya pribadi, seluruh armada di kantor saya anggap sebagai rekan kerja yang secara bersama-sama mewujudkan tugas kantor ini sebagai amanah anak dan istri guna mencari rejeki yang halal. Dengan motivasi ini, saya selalu ingin memberikan target yang lebih bagi kantor yang saya gawangi,” ungkapnya.

Masih dijelaskan Iwan, berbekal kepercayaan diri para SDM-nya, ia sangat optimis kalau permintaan sepeda motor dari tahun ke tahun akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Terlebih pangsa pasar di wilayahnya sangat menuntut hal itu, membuatnya sangat optimis yang ditargetkan oleh perusahaan akan tercapai. Bagi Iwan, hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah meningkatkan kinerja serta membina hubungan baik dengan rekan leasing yang berperan mempermudah konsumennya dengan solusi finansial dalam pembiayaan sepeda motor. Dengan kedua hal tersebut, Iwan yakin konsumen akan semakin percaya dan memperoleh pelayanan yang memuaskan dari pihaknya.

Iwan menambahkan, “Diharapkan, konsumen akan semakin percaya dengan kredibilitas dan kinerja kami, namun harapan tersebut tentunya harus berdasar dan dapat dicapai bila semua pihak dapat bekerjasama khususnya rekan-rekan leasing akan kita jaga dengan baik guna mewujudkannya, terus berbuat, dan berdo’a serta terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen.

Sumber : galamedia (edited)

Tinggalkan Balasan