Melancarkan Tarikan Scorpio Dengan Memperbesar Lubang TTB

scorpioTutup tangki bensin (TTB) sepintas hanya terlihat sebagai pelindung. Namun bila dicermati, di balik peranti ini terdapat lubang kecil pernafasan bensin yang berfungsi sebagai jalur masuknya udara luar ke dalam tangki, agar tidak terjadi kevakuman. Bila sampai terjadi kevakuman, dipastikan bensin di dalam tangki tidak akan mengalir ke dalam karburator. Pada akhirnya mesin motor pun tidak akan hidup.

Sebut saja Ari Triyanto, pembesut Yamaha Scorpio 2007. Dikarenakan TTB bermasalah, saat digeber pada putaran tinggi tiba-tiba besutan mati mendadak seperti kehabisan bensin.

Hal ini juga terjadi pada teman-teman komunitas. Baik Scorpio keluaran lama hingga baru. Tapi Kalau New Scorpio belum pernah dengar ada yang mengalami,” ungkap Ari.

Adi Purnomo, pembesut Scorpio 2005 juga mengiyakan hal tersebut. “Gua juga mengalaminya. Padahal bensin masih banyak, enggak tahu kenapa pada kecepatan di atas 80 km/jam mati mendadak seperti telat bensin,” kekehnya.

Ini banyak terjadi pada Scorpio yang berusia lebih dari 1 tahun. Di dalam lubang pernafasannya kotor, sehingga pelor di dalamnya yang berfungsi seperti membran juga tidak bekerja maksimal, sehingga proses buka tutupnya terhambat,” yakin Nazar.

Namun setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Berikut ini tips singkat untuk menangani permasalahan di atas:

  • Pertama lepaskan TTB kemudian dibalik. Setelah itu lepaskan 2 baut pengikat cover komponen dengan menggunakan obeng kembang seperti pada gambar 1.
tutup-tangki-scorpio
  • Bila semua komponen sudah lepas, maka akan terlihat logam kuningan dengan 2 lubang pernafasan seperti pada gambar 2. Lepaskan kuningan tersebut dengan cara dicungkil dengan menggunakan obeng min/pipih
kuningan-tutup-tangki
Di balik kuningan ini, berisi sebuah pelor kecil seperti pada gambar 3 yang berfungsi untuk membuka dan menutup lubang pernafasan. pelor-tutup-tangki
Karena di dalamnya sering kotor, kadang pelor malah menyumbat lubang tersebut. Ujungnya udara luar yang mau masuk ke tangki kurang lancar, akibatnya terjadi kevakuman,” beber Nazar seorang yang berpengalaman 5 tahun menangani masalah pada motor.
  • Untuk membersihkan area yang kotor caranya cukup mudah yakni dengan menyemprotkan penetran atau cairan antikarat. Namun bila hanya dengan membersihkan area ini saja belum cukup untuk menangani masalah, langkah terakhir adalah dengan memperbesar lubang pernafasan.
Sebenarnya bisa disemprot penetran atau cairan antikarat biar kotoran rontok. Tapi banyak kejadian, penyakitnya kambuh lagi. Dari pada macet lagi di tengah perjalanan dan bikin repot, solusi akhirnya kuningan serta pelor tersebut dilepas.” tambah Nazar.
  • Untuk memperbesar lubang pernafasan bekas rumah pelor tadi. Caranya dapat dibor dengan memakai mata bor berukuran 2 mm (gbr.4). Bila lubang ini terlalu kecil, udara yang masuk ke dalam tangki juga akan sedikit, akibatnya suplai BBM ke karburator tidak akan maksimal dan terhambat.
saluran-pernafasan-bensin
Namun kalau lubangnya lebih besar (gbr.5), dipastikan udara yang masuk ke tangki lebih banyak, sehingga aliran bensin juga tambah lancar. Kelihatannya sih sepele, namun pengaruhnya sangat besar,” yakin Nazar pria yang gemar memakai topi ini. wadah-pelor-tutup-tangki

Semoga tips singkat ini bermanfaat 😉

Sumber : motorplus