Jenis-Jenis Tambal Ban Serta Kelebihan dan Kekurangannya

 

Para Bikerz tentunya pernah mengalami kondisi dimana mengalami ban bocor saat berada di tengah-tengah perjalanan. Bilamana hal itu terjadi, satu-satunya cara adalah mencari tukang tambal ban terdekat. Namun tahukah para Bikerz tentang jenis-jenis tambal ban yang ada di dunia pertambalan ban ? berikut ini kita akan membahas jenis-jenis tambal ban tersebut beserta kelebihan dan kekurangannya.

tiptop

Tambal Ban Tip-Top

Digunakan pada ban yang masih menggunakan ban dalam, dengan cara menempel bahan tambal ban tip top kemudian dilakukan pengepresan agar “tip top” merekat dengan ban dalam.

Cara ini sebenarnya sangat tidak efektif pada ban dalam kendaraan bermotor baik motor atau mobil, cara ini lebih cocok digunakan untuk kasus kebocoran pada ban sepeda, mengingat kekuatannya yang berhubungan dengan beban kendaraan yang tidak terlalu berat.

banbakar

Tambal Ban Bakar

Jenis ini paling sering ditemui dipasaran. Caranya adalah memanasi dengan sejenis bahan karet dengan dilem, ditempel pada permukaan yang bocor, serta dipres, cara ini bertujuan agar bahan karet tersebut menyatu dengan ban dalam. Kelebihannya adalah lebih kuat dan murah sedangkan kekurangannya, apabila kurang matang saat pemanasan maka dapat terjadi kegagalan dan apabila sering ditambal maka permukaan ban tidak akan rata, sehingga akan mengakibatkan semacam benjol pada permukaan ban dalam anda.


cacing1

Tambal Ban Cacing

Khusus digunakan untuk ban tubless. Cara tambal ban ini adalah dengan membuat lubang yang lebih besar pada permukaan ban yang bocor, kemudian dengan campuran lem pada karet tambal ban cacing, dipaksakan untuk dimasukkan kedalam lubang yang sudah diperbesar tersebut dengan kait, kemudian dicabut, sehingga “karet cacing” tersebut tertinggal dan menutupi kebocoran. Kelebihannya adalah lebih murah, praktis dan cepat. Kekurangnnya adalah lubang kebocoran menjadi besar karena memang dilebarkan lubangnya, lapisan benang pada permukaan ban yang bocor akan menjadi rusak yang ujung-ujungnya kekuatan ban jadi berkurang.


tembak1

Tambal Ban Tembak

tambal ban ini berupa karet penambal berbentuk seperti payung, dengan cara menembakkannya kedalam dengan alat tembak kompresor, tentunya bagian dalam juga harus dikikis agar permukaan penambalan lebih efektif, cara ini memang lebih bagus dari tambal cacing, dan lebih kuat, tapi harga penambalan jenis ini termasuk lebih mahal dari pada tambal cacing.

Sumber : Dari berbagai sumber