Hati-Hati! Per Standar Motor Lemah Picu Kecelakaan

per-standar-sudah-lemah

Terkadang komponen kecil di sepeda motor membuat si pemilik sering kali menganggap remeh bahkan terkesan menghiraukannya. Padahal komponen tersebut menjadi aspek terpenting bagi keselamatan pengendaranya, salah satunya komponen pegas atau per yang terdapat pada standar motor.

Banyak yang tidak menyadari, akibat seringnya digunakan dalam jangka waktu lumayan lama dan berulang membuat pegas atau per standar tengah atau samping menjadi cepat lemah. Terutama untuk motor yang jarang dipakai atau banyak diam di tempat.

Dampak negatifnya, bila sudah lemah dan diabaikan, standar biasanya susah untuk kembali ke posisi semula, bahkan ada kecenderungan menjuntai ke aspal. Alhasil, tunggangan bukan hanya tidak enak untuk dilihat, namun dengan kondisi yang demikian juga dapat membahayakan diri sendiri dan atau pengendara lain.

Terutama bila standar tersangkut pada bagian lain jalan saat melintas di atasnya. Biar hal itu tidak terjadi, segeralah untuk mengganti pegas lemah tadi dengan yang baru atau bagus. Pegas baru yang dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp 10 ribu itu terbukti ampuh menyelamatkan diri dan juga orang lain dari kecelakaan karena hal sepele tadi.

Sumber : vivanews