Serbuan Indie di Yamaha “Free Your Soul” Event, Gasibu-Bandung.

freesoul4

Event Free Your Soul Yamaha mendapat sambutan meriah dari komunitas indie Bandung. Digelar pada hari Minggu, 2 Oktober2011 di Lapangan Gasibu-Bandung, band-band indie Bandung sudah menyerbu untuk mendaftarkan band-nya dalam kompetisi band indie.

Panitia penyelenggara pun membatasi jumlah peserta yang begitu membludak. Banyaknya band-band indie di Bandung tidaklah mengherankan mengingat kota Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang memiliki komunitas indie terbesar.

Free Your Soul sendiri berawal dari ide Yamaha untuk memberikan ruang untuk remaja yang menyukai musik sebagai passion-nya. Free Your Soul digagas pada tahun 2007 ketika Yamaha me-launching Mio Soul. Mio Soul adalah salah satu varian matik Yamaha dan semakin mengukuhkan Yamaha sebagai pionir automatic di Indonesia. Yamaha selalu memberikan wadah apresiasi positif bagi remaja Indonesia,” papar Indra Dwi Sunda, PR & Corporate Communication Head Yamaha Indonesia.

Dengan konsep baru Free Your Soul tahun ini yang menghadirkan banyak aktivitas yang berpatokan pada tema : indie clothing, indie comic, indie poster dan indie music, sehingga event ini semakin digemari kaum muda. Dalam indie clothing misalnya terdapat  branded clothing exhibition, band endorse clothing competition dan display booth competition. Indie Comic menyuguhkan comic strip competition, penjualan komik original unik, comic park dan paper toys. Sajian indie poster mencakup art poster competition dan poster exhbition. Sedangkan dalam indie music utamanya menggelar high school band competition yang akan melahirkan jawara yang dikirim ke Korea Selatan mengikuti Asian Beat Band Competition.

Pada perhelatan terakhir Free Your Soul di Bandung ini, sekaligus diadakan final high school band competition untuk menentukan pemenang yang tampil di Asian Beat Competition di Korea Selatan. Setelah dilaksanakan kualifikasi high school band competition di Yogyakarta dan Jakarta yang melahirkan satu pemenang dari dua kota itu, kompetisi puncak diadakan di Bandung. Band-band sekolah berkompetisi dulu di Bandung lalu diambil pemenangnya dan diadu lagi dengan jawara dari Yogyakarta dan Jakarta. Juri penilai dari Yamaha Musik yang berpengalaman melahirkan musisi-musisi kondang Indonesia dari kompetisi band seperti Ruth Sahanaya, Trie Utami, Fariz RM, Kahitna dan ST12.

indie

Di luar tema utama event Free Your Soul, sejumlah event pendukung juga digelar seperti fingerboard competition rush wood, BMX show, kompetisi graffity, action figure showcase, body painting, kompetisi fotografi, modern dance dan stunt rider. Free Your Soul di Bandung bakal kental dengan kreatifitas dan komunitas indie yang tumpah ruah. Sebab Bandung kaya akan komunitas anak-anak muda yang lekat dengan budaya indie.

Bersamaan waktunya dengan event Free Your Soul di Bandung, Yamaha juga mengadakan event besar di dua kota besar lainnya, yaitu Jakarta dan Medan. Event Mio Suka-Suka di Jakarta berlokasi di Tamani Square, diramaikan dengan acara city touring  bersama 10 Lady Mio serta komunitas klub Mio. Sedangkan di Medan, event Mio Suka-Suka digelar di area parkir Plaza Medan Fair, diisi dengan city touring oleh anak-anak muda yang biasanya berkumpul di sekitar area Stadion Teladan.