Tips Aman Membawa Anak Kecil Berkendara motor!!!

anak1Memiliki sepeda motor, tentu merupakan investasi yang menguntungkan. Selain relatif irit bahan bakar, si kuda besi ini mampu menjembatani kebutuhan para masyarakat terhadap kendaraan yang relatif terjangkau sekaligus fleksibel. Hal itu dapat dilihat di jalan raya, semakin banyak para pengguna sepeda motor. Para pengguna angkutan umum pun seakan mulai beralih menggunakan alat tranportasi praktis dan cukup ekonomis ini.
Di balik keuntungan yang ada, sebaiknya bikers dapat memahami dan mempraktikkan cara berkendara yang aman. Bila membonceng cukup satu orang dewasa saja. Namun bagaimana bila kondisi “memaksa” bikers untuk membonceng anak kecil?
Tips singkat ini kiranya dapat dicoba saat membonceng anak kecil dengan motor kesayangan bikers.

  • Sebelum membonceng anak kecil ada baiknya lengkapi dirinya dengan peralatan/ aksesori yang menunjang keamanan. Pertama dan yang paling penting adalah helm. Ajaklah si kecil untuk bersama-sama membeli helm di toko perlengkapan motor yang memadai. Biarkan si kecil untuk memilih warna helm favoritnya dan lantas mencobanya. Helm anak-anak kini telah dilengkapi dengan kualifikasi SNI. Pastikan buah hati memilih helm yang nyaman sesuai dengan ukuran kepalanya. Sebaiknya Bikers perlu membimbing, agar dia memilih jenis helm full face untuk alasan keamanan. Setelah memilih helm, belikan juga masker dan sarung tangan anak-anak. Hal ini penting untuk menjaga keamanan dan kesehatan si kecil. Terdapat pilihan untuk jaket anak-anak, yang dapat digunakan saat mengajaknya berkendara dengan sepeda motor.
helm
  • ldealnya, untuk tempat duduk, si kecil harus dibonceng di belakang dengan kedua kaki berpijak pada footpeg dengan sempurna. Pastikan tangannya berpegangan pada pinggang atau perut pengendara. Kini di pasaran, tersedia Child’s Riding Belt. Ini adalah aksesori yang membantu si kecil aman berada di belakang bikers, walau pada saat mengantuk sekalipun. Bila kebetulan kaki anak belum dapat mencapai footpeg dengan sempurna, dia dapat ditempatkan duduk di depan Anda. Akan tetapi, perlu diperhatikan agar kakinya menjejak tepat dan pastikan tipe motor Anda adalah jenis sepeda motor bebek
anak2
  • Saat ditempatkan di depan, pastikan tangan anak berpegangan di setang bagian dalam, sehingga tidak mengganggu putaran gas, atau sistem kendali.

Semoga tips singkat di atas bermanfaat bagi bikers semua. Si kecil aman..berkendara pun tenang 😉