Tips Memilih Masker yang Aman & Nyaman

masker

Berkendaraan dengan udara yang masih segar masih bisa bikers nikmati ketika memasuki kawasan pegunungan. Namun lain halnya bila berkendaraan di kota-kota besar maupun medan gersang. Udara kotor dan debu merupakan hal yang akan dihadapi oleh bikers. Maka dari itu, menggunakan masker sangatlah penting waktu berkendara. Lalu bagaimanakah dan seperti apa masker yang laik bikers gunakan? Berikut ini tips singkat dalam memilih masker yang aman dan nyaman juga ampuh dalam menyaring debu maupun udara kotor:

1. Bahan masker yang dipilih haruslah memiliki busa/sponge yang cukup tebal pada bagian dalamnya yang berfungsi sebagai filter terhadap udara kotor dan debu.

2. Bagian pengikat pada masker haruslah kuat, tidak diikat seperti tali agar posisi masker tidak berubah-ubah ketika dipakai saat berkendara.

3. Hindari penggunaan saputangan/slayer, selain tidak memiliki pengikat yang baik, saputangan/slayer tidak cukup ampuh dalam menyaring udara kotor dan debu.

4. Jika helm yang bikers pakai adalah helm halfface, bikers dapat mengunakan masker COMBAT (masker khusus berkendara yang memiliki sistem saluran udara terpisah antara udara yang masuk dengan udara yang keluar, masker ini juga memiliki filter khusus yang dapat diganti ulang).

5. Cucilah masker secara berkala dengan air sabun, untuk menghilangkan kotoran dan debu yang tersaring.

6. Perhatikan kondisi masker, bila sudah tidak laik  sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Semoga tips singkat di atas bermanfaat bagi biker semua 😉