Modifikasi : Lampu Byson Bikin Scorpio Lebih Fresh, Gagah & Beda

scorpio-byson

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk me-refresh tampilan motor. Mulai dari customizing sampai mencoba manfaatkan part dari motor lain agar terlihat beda. Salah satu yang seringkali dilakukan adalah mengganti bagian lampu depan (head lamp).

Misalnya saja bagi para pemilik Yamaha Scorpio. Motor sport ini mempunyai penggemar yang cukup banyak. Tapi, di antara pemilik tadi ada juga yang mencoba hal baru yang membuatnya tampil beda.

“Saat ini sudah ada beberapa pengguna Scorpio yang ganti lampu dengan punya Byson. Hasilnya jauh lebih menarik,” tutur Topo seorang modifikator. Pertukaran lampu sesama motor Yamaha ini juga mempunya nilai plus. Jikalau mengikuti contest tidak akan mengurangi poin karena masih dalam satu merek. “Selain itu untuk memasang lampu ini gampang sekali. Karena tidak banyak bahan dan material yang dibutuhkan,” kata Topo lagi.  Trik berikut ini akan membuat tampilan ‘Kalajeng king 225cc itu berubah.

  • Pertama, tentu saja harus membeli lampu Byson terlebih dahulu. “Beli yang satu paket dengan braketnya, kalau tidak salah harganya hanya Rp 400 ribu,” ujar modifikator urakan ini.
  • dudukan-lampu-bysonMencopot lampu asli yang menempel di Scorpio. Setelah itu selanjutnya membuat dudukan baru yang nantinya akan menjadi pegangan untuk lampu Byson tadi. Dudukan ini dapat dibuat dengan menggunakan pelat besi berketebalan 2mm. “Kemudian pelat dibor sebanyak 4 lubang dengan ukuran baut 12,” lanjut pria yang ngebengkel di Jl. Kebagusan Raya, Jakarta Selatan ini.
  • Pasanglah baut antara dudukan tadi dengan motor. “Untuk bagian atas, tinggal dibautkan ke segitiga atas motor,” cerita spesialis modif dengan pelat galvanis ini.
  • Lubang yang telah dibuat lanjut dibautkan dengan braket lampu bawaan Byson. Dengan begitu, batok lampu Byson yang keren tadi sudah dapat langsung nempel di Scorpio.
  • Selanjutnya tentu masalah jalur kabel. Itulah enaknya menggunakan lampu dari merek yang sama. Warna kabel sama sehingga proses menyatukannya lebih gampang. “Apalagi tinggal menggabungkan soket asli  Scorpio dengan soket bawaan lampu Byson yang dibeli tadi.” Bila sudah tersambung dan nyala,  pasti akan terlihat beda.

Sumber : motorplus