Yamaha dan Toyota : Kembangkan Kendaraan Generasi Baru

yamaha-next-generation

Dilansir dari situs resmi prinsipal Yamaha di Jepang (28/11), Toyota Motor Corporation (TMC) dan Yamaha Motor Co., Ltd. (Yamaha Motor) telah bekerjasama dalam mengembangkan kendaraan next-generation Communications-linked yang merepresentasikan kebutuhan mobilitas masyarakat di masa depan.

Bagian dari kerjasama pengembangan kendaraan Communications-linked tersebut akan dipertunjukkan melalui motor konsep komuter elektrik dan konsep “electrically power assisted bicycle” pada perhelatan “42nd Tokyo Motor Show 2011” yang akan diselenggarakan di Tokyo Big Sight, 30 November – 11 Desember 2011. Kedua kendaraan tersebut akan dipajang dibooth TMC di sektor Smart Mobility City 2011.

Ada tiga tahapan yang menjadi obyektivitas kolaborasi tersebut:

  1. Membangun infrastruktur informasi yang komprehensif, melalui pengembangan bersama TMC dan Yamaha Motor dengan menggunakan fasilitas infrastruktur dan integrasi pada Toyota Smart Center.
  2. Membangun sistem transportasi baru, termasuk di dalamnya sistem kendaraan pendukung.
  3. Mereduksi biaya pengembangan layanan IT.

Kedua perusahaan telah mulai merencanakan memulai verifikasi pengujian dalam waktu dekat, dengan fokus komersialisasi layanan produk dan layanan IT Communications-linked.

Layanan navigasi dan telematika kendaraan yang menggunakan perangkat komunikasi smartphone dan Wi-Fi akan disedikan pada kendaraan produksi Yamaha Motor dengan ketersediaan informasi seperti lokasi lokasi stasiun pengisian baterei, ketersediaan stasiun pengisian baterei, dan informasi baterei telah selesai diisi.

Kedua perusahaan juga akan mengerjakan infrastruktur pengisian baterei, seperti stasiun pengisian baterei “G-Station” yang akan disediakan oleh Toyota Media Service Corporation dengan menggunakan EV dan PHV, serta bisa diaplikasikan baik pada kendaraan roda dua atau pun mobil.

Sebagai tambahan, variasi tipe layanan komunikasi juga ditawarkan, di antaranya informasi mengenai reservasi, status pengisian baterei, dan pembayaran, serta mengunggah informasi diagnostic yang digunakan untuk perawatan kendaraan.

Sejak pengembangan bersama Toyota “2000GT” yang diperkenalkan tahun 1967, TMC dan Yamaha Motor telah memiliki berbagai hasil kerjasama yang cukup banyak, termasuk pengembangan dan produksi komponen mesin dan otomotif lainnya yang memiliki performa tinggi. Kini melalui kerjasama ini, jalinan kerjasama di antara keduanya akan semakin kuat.

Sumber : yamaholigan