Mekanik Terbaik Yamaha Asal Yogya Wakili WTGP Jepang 2012

juara-itgp-2011

Bandung – Sukrisna Beni asal Yogyakarta sukses menjadi mekanik terbaik Yamaha ketika memenangi Yamaha ITGP (Indonesian Technician Grand Prix). Berbekal prestasi tersebut, Sukrisna pun berhak mewakili Indonesia untuk beradu keahlian dengan mekanik dari berbagai negara diajang serupa tingkat dunia, World Technician Grand Prix di Jepang tahun 2012 nanti.

Yamaha ITGP sendiri merupakan ajang kompetisi bagi teknisi Yamaha, dimana masing-masing teknisi saling berlomba menunjukkan kemampuannya dalam hal pengetahuan dan kemampuan teknis sepeda motor. Ajang ini telah menjadi suatu event bergengsi di kalangan teknisi, karena menjadi ajang pembuktian kemampuan teknisi dari tiap area di seluruh Indonesia. Kondisi ini terlihat dari persentase kehadiran dari setiap kontes yang dilakukan setiap tahun cenderung terus meningkat.

ITGP yang telah memasuki tahun ke 11 ini dimulai sejak bulan Agustus lalu, dengan dilakukannya penyaringan tahap awal terhadap seluruh teknisi Yamaha untuk dipilih 900 teknisi yang akan berkompetisi pada tahap kedua. Tahap kedua ini merupakan ITGP tingkat regional yang dilakukan di masing-masing area. Dari kontes tingkat regional tersebut dihasilkan 48 teknisi terbaik untuk selanjutnya berkompetisi ditingkat nasional akhir pekan lalu. Pada ITGP tingkat nasional ini lalu dibagi menjadi 2 tahap seleksi, dimana untuk seleksi awal yang dilakukan di Hotel Harris dan seleksi akhir yang dilakukan di Ciwalk Bandung untuk menentukan juaranya. Dan akhirnya, terpilihlah 6 orang juara yakni Sugeng Riadin dari Bandung dengan gelar Best Teori, Uam Hamdani juga dari Bandung sebagai Best Practice dan Ahsan Lutfi sebagai Best Customer relation. Sementara Sutrisna Beni maju ke depan dan menjadi juara di ajang ini diikuti oleh Martinus Dirga dan Mujianto yang masing-masing berasal dari Bawen dan Kediri di posisi 2 dan 3.

Untuk kontes teknisi tingkat dunia, Indonesia telah mengikuti event tersebut sejak tahun 2003. Dan pada tahun 2007, Dewa Putu Guna Wirawan teknisi asal Bali dan Djarot Imam Kristanto teknisi asal Klaten – Jawa Tengah berhasil meraih juara pertama dan ketiga dalam ajang kontes teknisi tingkat dunia tersebut pada tahun 2007.

Sumber : detikoto