Cara Unik Polisi Mencegah Pelanggar Lalu Lintas yang Kabur

tilang-jala-ikanVietnamJala ikan ternyata tidak hanya berfungsi di perairan, di daratan seperti halnya untuk menangkap pemotor yang tak taat peraturan juga alat tersebut sangat efektif. Seperti yang terjadi di Vietnam Utara, Thanh Hoa.

Akibat geram dengan pengendara motor, satuan kepolisian di daerah tersebut menggunakan jala ikan untuk menangkap pengendara motor yang suka kebut-kebutan dan tidak mengindahkan peraturan lalu lintas.

Cara itu diberlakukan karena semakin meningkatnya pengendara motor yang mengebut di jalan-jalan. Luu Minh Thien, Kepala Unit Polisi Lalu Lintas dari Provinsi Thanh Hoa, mengatakan polisi akan mencari tahu ke mana pembalap itu lari setelah terkena jala ikan.

Seperti dikutip dari thanhniennew, Selasa (29/11/2011) metode penangkapan adalah dengan melemparkan jala ikan ke roda belakang motor. Setelah itu jala akan berputar dan selanjutnya motor akan melambat hingga berhenti.

Minh mengatakan metode ini tidak akan mencelakakan si pengendara motor, namun sebaliknya jika tidak dihentikan akan membahayakan wisatawan di jalanan dan pihak polisi jika terus mengejar pemotor yang suka ngebut. Namun dengan jala ikan motor akan berhenti.

“Metode ini tidak menyebabkan kecelakaan pada si pembalap dan bahaya batas untuk wisatawan lain di jalanan dan polisi.” ucap Minh.

Satuan kepolisian Thanh Hoa telah menggunakan metode ini selama hampir setahun, dan berhasil menangkap ratusan pembalap, mafia dan berhasil mengumpulkan denda senilai lebih dari US$ 23.800 atau sekitar Rp 215 juta.

Namun meski efektif, cara tersebut ternyata dikritik dan kepolisian Thanh Hoa akan menghentikan sementara penggunaan jala ikan sambil mengkaji cara lain yang lebih efektif.

Kepolisian Thanh Hoa sendiri sudah meminta kepada Departemen Keamanan Publik untuk melegalkan metode tersebut, namun faktanya belum menerima tanggapan. Sementara pihak lain menyebutkan jika kepolisian Thanh Hoa perlu lebih banyak waktu untuk bereksperimen dengan metode ini.