Tips Berkendara Motor di Musim Hujan ala Jorge Lorenzo

lorenzo-in

JakartaMusim hujan telah tiba. Tentu kehati-hatian harus diutamakan untuk keselamatan diri sendiri dan juga menjaga keselamatan pengguna jalan lainnya.

Dalam kondisi ini ternyata tidak perlu skill khusus, asal waspada dan memperhatikan kondisi motor, Anda bakal selamat di jalan.

Pembalap MotoGP Yamaha Jorge Lorenzo punya caranya. Menurut pembalap dunia yang juga pecinta olahraga sepakbola ini hal yang harus diperhatikan adalah memperhatikan kembang ban motor. Kembang ban dinilai Jorge sangat penting dalam berkendara motor terlebih di waktu hujan tiba.

“Ketika kondisi hujan di perkotaan grip ban lebih licin. Karena itu kualitas dari ban adalah penting supaya lebih menapak ke jalan,” kata Lorenzo, Minggu (15/1/2012) malam.

Ia mencoba membandingkan mengendarai motor di perkotaan ketika hujan dan mengendarai motor lintasan balap. Menurutnya adalah tidak jauh berbeda kondisinya. Kontur jalan sama-sama licin seperti ada tumpahan minyak.

“Mengendarai motor di perkotaan saat hujan seperti ada tumpahan minyak atau oli, sangat licin seperti di lintasan balap. Dan harus sangat hati-hati,” pungkas pecinta klub bola Barcelona itu.

Selanjutnya, dalam keseharian pemotor juga harus memperhatikan kondisi penghalau laju kendaraan atau rem. Pria penyuka grup band Red Hot Chili Peppers itu menyarankan agar pemotor mengecek sistem pengereman secara berkala agar tetap prima.

“Rem juga haru diperhatikan. Lakukan pengecekan rem secara berkala. Selain itu kita harus berhati-hati dalam berkendara saat hujan,” lanjut Jorge.

Dan saran dia yang terakhir adalah jangan menggunakan motor terlalu kencang dan agresif ketika hujan turun. Pasalnya itu menyangkut nyawa Anda.

“Jangan terlalu ngebut. Atur bukaan throttle, jangan terlalu agresif,” tutup pembalap bernomor 99 itu.

sumber: oto.detik.com