Yamaha Kembali Raih Gelar Prestisius

top-brand-2012

Penghargaan prestisius perdana di tahun ini diraih Yamaha melalui Top Brand Award. Untuk lima tahun berturut-turut sejak 2008, Yamaha dianugerahi Top Brand Award. Empat motor kebanggaan Yamaha di tiga kategori berhak mendapatkan Top Brand Award. Mio di kategori matik, V-Ixion di kategori sport serta Vega dan Jupiter di kategori bebek.

Top Brand Award untuk Mio di awal tahun ini kian mendongkrak imej dan pamor Yamaha di kategori matik. Baru-baru ini dengan diperkenalkannya Mio Fino dan Mio J ke publik, Yamaha optimis dapat mendominasi pasar skutik Indonesia. Konsep skutik modern Mio Fino sangat sesuai untuk konsumen muda dan khusunya wanita. Mio Fino hadir dengan tiga varian yaitu Mio Fino Classic, Mio Fino Fashion dan Mio Fino Sporty.

Mio Fino Sporty memang memiliki keistimewaan tersendiri, apalagi kompetitor tidak memiliki varian sporty untuk skutik modern. Perpaduan warnanya lebih berani (putih merah, putih biru dan hitam merah). Striping-nya lebih banyak, terdapat pada bodi belakang, konsol deck tengah, bodi depan hingga speckboard (papan spesifikasi motor). Kesan sporty-nya terlihat pada aksen warna hitam di bagian lampu depan, jok, handle grip, velg dan pegangan belakang motor. Mio Fino sporty juga memiliki striping berbahan cat yang diberi warna merah di bibir velg. Striping cat di bibir velg ini menjadikan Yamaha sebagai satu-satunya pabrikan di Indonesia yang mengeluarkan striping seperti ini.

Sedangkan Mio J dengan teknologi mutakhir Fuel Injection (FI), forged piston dan diasil cylinder akan memenuhi kebutuhan konsumen akan generasi baru Mio yang sebelumnya telah melegenda. Teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) membuat konsumsi BBM Mio J lebih irit 30%.

Dengan hadirnya Mio Fino dan Mio J di awal tahun ini, makin memperkuat line up matik Yamaha. Terbukti untuk kategori matik Yamaha penggunanya sudah lebih dari 6 juta terhitung sejak 2003. Sedangkan V-Ixion telah mendominasi kategori sport dengan teknologi tinggi Fuel Injection (FI). Buat Jupiter baik Jupiter Z maupun Jupiter MX, Yamaha melakukan facelift Januari tahun ini. Khusus buat Jupiter Z, Yamaha menciptakan tren warna putih dengan ikon Jorge Lorenzo,” papar Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication and Community Management Yamaha Indonesia.

Di 2008 Yamaha mendapatkan Top Brand Award untuk Jupiter, RX King dan Mio. Setahun sesudahnya giliran Mio, Jupiter, Vega dan RX King. Lalu di 2010 untuk Jupiter, V-Ixion dan Mio. V-Ixion, Scorpio Z, Mio dan Jupiter di 2011.

Tahun ini survey untuk mendapatkan pemenang Top Brand Award dilakukan Frontier ke 2400 orang di enam kota besar di Indonesia. Survey mengacu pada tiga komponen yakni Top of Mind (merek yang disebutkan pertama kali), Last Used (merek yang dibeli terakhir kali) dan Future Intention (merek yang akan dibeli di masa datang). Dari hasil survey tersebut didapatkan Top Brand Index (TBI). Merek yang masuk TBI dengan nilai lebih dari 10 persen dan masuk top three diberikan predikat Top Brand yang berarti memenangi Top Brand Award.

Top Brand Award melengkapi langkah awal bagus Yamaha di tahun ini yang juga ditandai dengan penjualan Yamaha di Januari 2012 yang naik 54 persen dibandingkan Desember 2011 berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Di Januari 2012 Yamaha berhasil menjual 205.304 unit sedangkan 133.403 unit di Desember 2011. Melonjaknya penjualan Jupiter Z dan Jupiter MX mendongkrak kenaikan mencolok penjualan di Januari 2012.

Yamaha Raih Empat Top Brand Award

Nilai jual facelift Jupiter Z dan Jupiter MX yang hadir dengan warna baru putih yang sedang tren di dunia otomotif nasional dan dunia, direspon pasar dengan sangat baik. Tampilnya Jorge Lorenzo sebagai bintang iklan Jupiter Z sukses merebut hati konsumen dan logo unik 3D pada Jupiter MX membuatnya tampil beda.

Penjualan Jupiter Z naik 22.713 unit dibandingkan pada Desember 2011. Di Januari 2012 terjual 23.894 unit, bandingkan dengan di Desember 2011 terjual 1.181 unit. Jupiter MX pun mengalami kenaikan menggembirakan sebanyak 26.339 unit, dimana di Januari 2012 terjual 36.098 unit sedangkan di Desember 2011 sebanyak 9.759 unit. Sedangkan V-Ixion berkontribusi terbesar dengan penjualan sebanyak 21.733 unit, bertambah 1.337 unit dibandingkan Desember 2011. Yamaha tetap mendominasi segmen sport pasar roda dua Tanah Air dengan total penjualan 28.495 unit. Jumlah itu naik 3.532 unit dibandingkan dengan Desember 2011.  Kategori matik total penjualannya 87.062 unit, naik 15.013 unit dibandihgkan Desember 2011 dan kategori bebek naik 53.356 unit menjadi 89.747 unit.

Sumber : yamaha-motor