Musim Hujan, Waspada Ranjau Paku!

waspadalah

Para penebar ranjau paku memang tidak mengenal musim dalam beraksi. Namun bagi mereka, musim hujan jauh lebih menarik ketimbang musim kemarau. Sebab paku-paku yang mereka sebar ‘disembunyikan’ dengan baik oleh genangan air hujan. Tangan-tangan jahil ini disinyalir adalah oknum tukang tambal ban, mereka belum akan kapok bila belum tertangkap tangan. Taukah mereka kejadian saat massa menghakimi mereka yang tertangkap tangan? Tanpa rasa bersalah sedikitpun membahayakan pengendara, mereka masih menjalankan aksinya. Dengan dalih untuk mempertebal uang saku, tangan-tangan jahil ini menari ria di atas penderitaan orang lain. Tak hanya itu, orang yang berprofesi sebagai tukang tambal ban namun jujur pun sering mendapat prasangka miring akibat ulah oknum tangan jahil ini.

Musim hujan peluang bagi para penyebar paku, karena lebih mudah bagi mereka. Karena saat hujan banyak jalan di Jakarta yang tertutup oleh genangan air, jadi peluang buat mereka,” ucap Abdul Rohim dari Komunitas Sapu Bersih Ranjau Paku (Saber).

Rohim yang hafal benar sepak terjang para penebar ranjau ini mengatakan para pelaku biasanya beraksi saat pagi. Mungkin karena saat pagi belum banyak kendaraan yang melintas sehingga aksinya tidak gampang diketahui.

Atau subuh mungkin. Yang jelas pagi-pagi tahu-tahu sudah banyak lagi. Padahal malamnya baru kita bersihkan. Dalam jangka waktu 6 bulan saja kita bisa sampai dapat 60 kg,” terang dia.

Ranjau paku yang bertebaran sering membuat ban dalam pengendara motor bocor. Biasanya para penebar ranjau paku ini menebar berkilo-kilo paku di jalan-jalan di Jakarta. Anggota Saber yang bekerja secara sukarela ini bekerja menggunakan magnet untuk menyisir paku di jalan-jalan Jakarta. Usaha tim Saber dalam memberikan manfaat kepada pengendara patut mendapat apresiasi tinggi. Menjaga lingkungan yang aman dan nyaman memang tanggung jawab kita bersama tanpa kecuali. Bravo tim Saber! Lanjutkan terus usahamu! tim-tim lainnya akan segera lahir mengikuti jejakmu! 😉

Sumber : Dari berbagai sumber