Dovizioso Kejutkan Yamaha Tech 3

dovi-tech3

Dalam sesi pemanasan test ride mesin 1000cc jelang MotoGP 2012, Andrea Dovizioso mengawali kariernya bersama tim Yamaha dengan menghadirkan sebuah kejutan. Pembalap Italia tersebut membuat bos tim Monster Yamaha Tech 3, Herve Poncharal, dan para insinyur mesin tim asal Jepang tersebut kaget melihat kecepatannya.

Dovizioso tak membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi dengan Yamaha YZR-M1 mesin 1.000 cc. Dalam penampilannya yang ketiga, dia sudah mampu berada di peringkat ketiga tercepat, yang dilakukannya saat tes resmi pramusim di Sepang, Malaysia, awal bulan ini. Dia berada di depan dua pebalap tim pabrik, Jorge Lorenzo dan Ben Spies.

Dovizioso ikut ambil bagian dalam dua dari tiga hari sesi uji coba di Sirkuit Sepang dalam kondisi belum fit 100 persen, menyusul cedera patah tulang selangka kanannya dalam kecelakaan latihan motorcross awal Januari. Akan tetapi, Dovi mampu meraih kecepatan yang bagus. Hal inilah yang mengejutkan Poncharal.

Kita semua tahu seberapa tinggi level Andrea, tetapi saya masih sedikit terkejut dengan kecepatannya. Saya tahu dia berada di peringkat ketiga pada musim lalu, tetapi dia bukan seseorang yang suka mendorong untuk mencatat waktu lap tercepat ketika tidak perlu,” ujar pria Perancis tersebut kepada MCN.

Dan setelah pertama kali menunggang Yamaha di Valencia, dia mengerti perlu sedikit waktu untuk beradaptasi dan beralih dari gaya Honda. Melihat di atas kertas bahwa dia sudah menjadi tercepat di Yamaha, dan benar-benar menggembirakan.

Yamaha juga sangat senang dan saya tidak berpikir siapa pun mengharapkan dia untuk cepat dengan segera karena uji coba pertama di Sepang hampir tidak ada apa-apa lantaran dia begitu kesakitan pada bahunya. Saya yakin dia akan banyak meningkat karena perasaannya dengan motor ini belum 100 persen, begitu juga dengan bagaimana seharusnya menunggang motor ini.

Poncharal mengatakan bahwa Dovizioso juga akan banyak berubah setelah lebih dekat dengan kepala kru yang baru, Guy Coulon, yang bekerja dengan Colin Edwards sejak tahun 2009.

Dia juga perlu waktu untuk bekerja dengan tim karena ia masih membangun hubungan dengan Guy. Pada akhirnya Guy mengatakan bahwa dia bahkan tidak perlu Colin untuk bicara karena dia bisa mengatakan apa yang diinginkan, meskipun hubungan dengan Andrea benar-benar baru.

Dalam debutnya bersama Yamaha pada musim 2012 ini, Dovizioso akan menjadi rekan setim Cal Crutchlow. Mereka akan menjalani uji coba resmi ketiga di Jerez, Spanyol, pada akhir pekan ini. Tes ini juga merupakan yang terakhir, sebelum seri perdana MotoGP mesin 1.000 cc mulai bergulir di Qatar, 8 April mendatang.

Sumber : kompas