Laju Ketangguhan Yamaha Tenere & Scorpio Z di RoFA

rofa-yamaha

Ring of Fire Adventure (RoFA), hadir menjelajahi bumi Indonesia. Yamaha mensponsori stage 2 event tersebut dengan menghadirkan ketangguhan Tenere XT660Z dan Scorpio. Untuk stage 2 ini digunakan 5 Tenere XT660Z (pertama di Indonesia) dan 3 New Scorpio Z. Perjalanan dilakukan selama 60 hari menempuh kurang lebih 12 ribu kilometer, start dari Makassar, Sulawesi pada 8 April 2012 dan finis di Jakarta. Ekspedisi stage 2 ini meliputi 15 kota dan pulau di Sulawesi (Pitung, Manado, Tomohon, Gorontalo, Palu, Kepulauan Togean, Pulau Buton, Tanah Toraja, Makassar) serta 10 kota dan pulau di Maluku (Saparua, Banda Naira, Pulau Buru, Pulau Bacan, Ternate, Tidore, Halmahera, Pulau Morotai).

Tenere XT660Z dipilih karena ketahanan dan ketangguhaannya sudah teruji di segala medan lewat event kelas dunia Reli Dakar. Tujuh kali Yamaha menjuarai Reli Dakar menunggangi Tenere XT660Z. Kekuatan Tenere XT660Z di ajang paling menantang sedunia itu pun cocok dengan medan yang akan dilalui pada stage 2 RoFA. Dimana rutenya berkarakterisitik offroad, menyebrangi sungai dan melintasi jalan trans Sulawesi yang panjang serta membutuhkan kecepatan.

Scorpio mendampingi Tenere XT660Z menjelajahi stage 2 RoFA. Menariknya, Scorpio dikendarai oleh dua wanita (Chintara Diva dan P.S.Andini) dimana keikutsertaan mereka menjadi pengalaman pertama menempuh medan berjarak jauh dan menantang. Dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan serta memiliki cc mesin paling besar di barisan motor Yamaha Indonesia, Scorpio paling cocok dipilih untuk ajang RoFA tersebut. Sensasi Tantangan Sejati, tagline Scorpio, sangat pas menggambarkan motor sport Yamaha ini untuk menjawab tantangan di RoFA.

”Ambil bagiannya Yamaha dalam event ini semakin membuktikan bahwa Yamaha tidak hanya Semakin di Depan di balapan tapi juga adventure. Scorpio mewakili motor lokal Yamaha dapat digunakan dalam perjalanan jauh di medan Indonesia. Ikutnya Scorpio semakin memperkuat imejnya di barisan motor kategori sport Yamaha dan di pasar Indonesia,” papar Eko Prabowo, General Manager Marketing and Communication Yamaha Indonesia.

Scorpio berkapasitas mesin 225 cc dengan tipe mesin 4 langkah, 2 valve SOHC dan berpendingin udara. Mampu menghasilkan tenaga 18,2 PS pada 8.000 rpm dan torsi puncak 17,5 Nm di 6.500 rpm. Tahun lalu terakhir kali Scorpio Z facelift dengan striping terinspirasi bentuk magma meleleh yang mengeluarkan api panas. Desain tersebut dapat dilihat pada tangki, cover side dan scoop air.

Yamaha juga memperkaya tampilan Scorpio Z dengan kombinasi warna dasar hitam dikombinasikan dengan warna biru dan silver pada tangki, cover side dan scoop air. Sedangkan Scorpio Z berwarna dasar merah dipadukan dengan kombinasi warna silver dan hitam pada tangki, cover side dan scoop air. Selain merubah striping dan kombinasi warna, Yamaha juga melengkapi Scorpio Z baru dengan automatic head light on (AHO).

Kekuatan Motor Sport Yamaha

Tahun lalu V-Ixion, Byson dan Scorpio berkontribusi menyumbang total penjualan sebanyak 321.696 unit. Angka itu didapatkan dari eksistensi V-Ixion sebagai motor sport paling laris di Indonesia dengan penjualan 242.887 unit, Byson 53.704 unit dan Scorpio 25.105 unit.

Facelift atau perubahan minor yang dilakukan Yamaha untuk V-Ixion dan Scorpio di tahun lalu memengaruhi kenaikan angka penjualan. Seperti yang terjadi pada dua bulan setelah diluncurkannya V-Ixion putih, penjualannya melejit. Facelift di bulan Juni 2011, setelah itu hingga akhir tahun penjualannya stabil rata-rata mencapai 21 ribu unit atau naik rata-rata dua ribu unit dari sebelum facelift.

Sedangkan Scorpio mendapatkan perubahan warna dan striping. Striping Scorpio Z terbaru terinspirasi bentuk magma meleleh yang mengeluarkan api panas. Desain tersebut dapat dilihat pada tangki, cover side dan scoop air. Dengan striping terbaru yang lebih gagah dan berkelas ini mendukung penampilan Scropio Z jadi semakin lebih powerful dan memberikan Sensasi Tantangan Sejati sesuai tagline-nya. Sangat cocok untuk segmen pria yang tentunya menyukai motor-motor sport gagah.

Motor sport unggulan Yamaha lainnya yaitu Byson diluncurkan dengan dua warna baru, emas dan hitam solid, serta striping baru di Januari 2012. Desain grafisnya lebih sporty, gagah dan lelaki. Inspirasi konsepnya dari pesawat tempur luar angkasa yang terbuat dari baja solid dengan bagian dua ujung pesawat yang tajam. Striping baru Byson melekat pada tangki, air shroud (kuping tangki) dan bodi belakang. Yamaha juga menaikkan kapasitas produksi Byson dua kali lipat dari sebelumnya agar konsumen tidak perlu menunggu lama untuk membeli Byson.

Perubahan-perubahan yang dilakukan Yamaha pada tiga motor sport unggulan itu turut mendukung konsistensi Yamaha memimpin penjualan kategori sport di empat bulan pertama tahun ini. Di Januari terjual 28.495 unit, di Februari 33.466 unit dan merangkak naik di Maret 39.439 unit dan April 38.183 unit.

Sumber : detikoto