“Workshop FI Injector Cleaner” Buka Konsep Mesin FI!

workshop-fi-yamaha

Untuk lebih merasakan dan mengetahui langsung proses kerja mekanik khususnya yang berhubungan dengan Fuel Injection (FI), Yamaha mengadakan Workshop FI Injector Cleaner bagi wartawan bertempat di Yamaha DDS Jakarta, Rabu (30 Mei). Pelatihan ini diikuti 12 wartawan di bawah instruksi dan pengawasan bagian servis Yamaha.

Workshop ini bertujuan agar awak media tidak hanya mengenal teori tentang kinerja FI tapi juga terjun langsung layaknya mekanik bersentuhan dengan teknologi canggih pada motor itu. Bagian servis Yamaha mengarahkan bagaimana perawatan FI yang mudah dan murah sesuai konsep FI Yamaha – Mudah dan Murah Perawatannya. Diantaranya penjelasan dan praktek filter fuel pump yang bisa diganti, injector yang bisa dibongkar-dibersihkan-diukur, dan fungsi PEA Carbon Cleaner yang dapat mengurangi kadar karbon. Jenis-jenis FI cleaner Yamaha yaitu injector & tester untuk kota besar, 3M injector cleaner untuk kota biasa dan Yamalube Carbon Cleaner untuk daerah pedesaan. Perawatan berkesinambungan dilakukan untuk menjaga engine performance dan fuel consumption.

Servis FI juga bersentuhan dengan keunggulan “new FI diagnostic tool” yang terdiri dari catatan perawatan seperti medical card untuk merekam dan mencetak data kerusakan, Osciloscope (seperti alat rekam jantung untuk mapping FI Yamaha), data logger untuk merekam kebiasaan konsumen mengendarai motor dan keberadaan ECU yang menyimpan data nomor rangka dan EG.

Awak media menyambut baik dan sangat antusias dengan Workshop FI Injector Cleaner ini. ”Workshop ini sangat bagus buat media karena membuat kami semakin memahami keunggulan dan kelebihan YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-Fuel Injection) dan dengan praktek sebagai mekanik menambah pengalaman. Ini sangat penting bagi wartawan untuk menyampaikan informasi tentang YMJET-FI kepada publik karena ini teknologi baru,” papar Wahyu Lazuardi, wartawan dapurpacu.com

Tigor Sihombing, wartawan Motor Plus, juga mengungkapkan rasa bahagianya dengan diadakannya workshop ini. ”Menambah pengalaman tentang injeksi motor dan bisa merasakan jadi monitor di bawah pengawasan langsung dari bagian servis Yamaha. Sangat bagus buat pengalaman kami sebagai wartawan dan penting dalam penulisan berita,” sebut Tigor.

Sumber : yamaha-motor