Workshop FI Yamaha, Langkah Mudah Gunakan 3M Injector Cleaner

workshop-fi-yamaha1Bagaimana langkah mudah untuk menggunakan 3M Injector Cleaner?. 3M Universal Fuel Injector Cleaner adalah salah satu contoh alat pembersih sistem injeksi yang digunakan. Alat ini dijual umum untuk motor yang menggunakan sistem injeksi. Salah satu hal terpenting harus biker perhatikan, pastikan konektornya ada dan tata caranya cukup ikuti langkah – langkah di bawah ini! 😉

Kenapa Harus Pilih 3M Universal Injector Cleaner ?

Dipilihnya Cleaner ini dikarenakan sifat cairan pembersihnya yang aman terhadap fungsi – fungsi elektrikal dari sensor – sensor. Karena pada sistem Injeksi motor ada banyak sekali sensor. Larutan kimianya pun aman terhadap karet – karet klep sambungan, begitu jelas Abidin Assisten GM technical YIMM.

Langkah 1 : Bersihkan Throtel Body

3m-universal-injector2

Trotel body ini merupakan Part untuk mengalirkan udara yang digunakan untuk pembakaran. Karena kualitas udara tempat biker berkendara tidak dapat diketahui dan tentunya berbeda – beda, maka lama kelamaan beberapa bagian dari trotel body seperti trotel plate dan klep kupu – kupu yang digunakan untuk mengendalikan aliran udara kadang – kadang tedapat penumpukan karbon dan kotoran.

3m-universal-injector3

Pembersihan Trotel body dilakukan secara terpisah. Kenapa hal ini dilakukan? Karena saat menggunakan 3M Injector Cleaner yang terkena pembersihan adalah jalur injector, ruang bakar dan klep. Sedangkan bagian trotel body tidak terkena. Dengan demikian kita harus bongkar sistem injector, lepas trotel body, kemudian bersihkan Trotel body secara terpisah. Caranya dengan menyemprotkan pembersih karburator (Carb Cleaner) pada bagian – bagian dalam dari trotel body. Dan ingatlah setelah dibersihkan, kembalikan lagi install ke dalam sistem injeksinya.

3m-universal-injector4

Langkah 2 : Persiapan Pembersihan Injector dan Ruang bakar

Lanjut ke langkah 2, yang dibersihkan tidak hanya Injector, melainkan juga Ruang Bakarnya karena Cairan 3M Universal Injector Cleaner berlaku juga sebagai bahan bakar sementara yang akan dibakar dalam ruang bakar motor nantinya. Menurut spesifikasinya cairan pada 3M Universal Fuel Injector Cleaner juga merupakan campuran bbm ber Oktan Tinggi. Jadi cukup aman untuk mesin berkompresi tinggi tentunya! 😉

soket-power-fuel-pump

Proses pembersihannya menggunakan kerja mesin, sehingga mesin akan dinyalakan nanti saat pembersihan. Karena bahan bakarnya menggunakan Cairan 3M Injector Cleaner, maka suplai bahan bakar dari tangki bbm harus dihentikan. Adapun caranya dengan mencopot konektor pipa saluran bbm yang bertemu dengan Injector dan Melepas konektor power fuel pump untuk mematikan fuelpump. Penting untuk diingat, bilamana tidak dilepas konektor powernya, nanti bbm akan nyemprot dari pipa (hose) dan tentu berbahaya !!

tekanan-cleaner-fi

Tutuplah terlebih dahulu keran saluran tabung Injector cleaner, ini akan menyetop aliran cairan cleaner lalu aturlah tekanan yang keluar dari tabung injector Cleaner dengan menggunakan sebuah regulator menyamai tekanan semburan bahan bakar dari Fuel Tank. Untuk Mio J sebesar 325 kPa (kilo pascal) dan untuk Vixion 250 kPa, untuk motor lain tentu berbeda nilainya. 3M Universal Fuel Injector Cleaner memiliki spesifikasi tekanan 100 psi atau sekitar 689,5 kPa. Sehingga masih melebihi tekanan yang dihasilkan Fuel Pump, oleh karena itu dibutuhkan regulator, bila tidak nantinya akan terlalu kencang nyemprotnya.

hubungkan-konektor-fi

Sambungkanlah ujung konektor yang dibuat khusus untuk bertemu dengan ujung saluran injector dari Mio J. Ujung konektor ini pun berbeda – beda, Mio J berbeda dengan Vixion. Di alat Injector cleaner yang sudah termasuk selang dan konektor ini sudah termasuk juga konektor cleaner ke injector Vixion dan Mio J, dan disediakan Yamaha di semua jaringan 3S. Setelah terkoneksi  sampai di sini proses persiapan telah lengkap. Selanjutnya masuk ke sesi pembersihannya.

Langkah 3 : Proses Pembersihan Injector dan Ruang Bakar

kunci-kontak-injector-cleaner

Langkah pertama yang harus biker lakukan adalah dengan memutar kunci kontak dalam posisi ON, kemudian bukalah keran selang yang menjadi penghubung tabung cleaner dengan injector untuk mengalirkan cairan injector Cleaner ke sistem Injeksi via injector.

akumulasi-tekanan-fi

Nyalakanlah mesin motor secara normal di RPM langsam atau RPM Idle tanpa tarikan. Dari sini biker akan melihat bahwa akumulasi tekanan yang terlihat pada pressure meter akan berkurang dari 324 menjadi sekitar 240 pada salah satu Mio J yang sedang dibersihkan. Adapun tekanan akumulasi ini sudah merupakan tekanan akumulasi karena tabung sudah dihubungkan dengan ruang bakar via injector. Proses penyalaan mesin dilakukan selama 10 menit.

copot-konektor-cleaner

Bila sudah 10 menit, tekanan pada 3M dikurangi sampai Nol! yang artinya merupakan upaya untuk menutup aliran cairan injector cleaner ke injector. Setelah itu tunggulah sampai mesin mati dengan sendirinya. Setelah mesin mati, lakukan starter beberapa kali untuk memastikan cairan Injector cleaner telah benar – benar habis. Setelah itu, matikanlah mesin dan lepaskan Konektor Selang yang terhubung dengan tabung cleaner menggunakan lap. Bila masih kurang yakin, turunkanlah selang lalu keluarkan sisa cairan dengan bantuan gaya Gravitasi.

coverbox-underseat

Setelah itu lepas kembali konektor selang cleaner yang terhubung ke Injector, lalu pasang kembali konektor selang dari Fuelpump. Pasang Konektor power fuel pump kemudian pasang kembali body bagasi underseat Motor dan Injector plus Ruang bakar pun kini telah mengalami proses pembersihan yang efeknya diharapkan dapat menyegarkan performa mesin, menghaluskan idle /langsam, memperbaiki performa akselerasi, menghemat bahan bakar serta memperbaiki emisi gas buang sehingga ramah lingkungan.

monitor-fi

Dari ketiga langkah di atas terlihat memang proses pembersihan menggunakan 3M universal Fuel Injector Cleaner ini memang cukup mudah. Hal ini mengisyaratkan kesiapan yamaha untuk memback up layanan aftersales unit produk Injeksi 😉 .

Sumber : tmcblog