Akhirnya Sang Jupiter Z FI (Jupiter Z Fuel Injection) Resmi Lahir Hari Ini!

Jakarta, Yamaha baru saja melahirkan All New Yamaha Jupiter Z1 pagi ini dengan harga disekitar Rp 14-15 jutaan. Jupiter Z1 merupakan Jupiter Z versi fuel injection yang sebelumnya spyshoot sepeda motor ini telah beredar luas di dunia maya.

Kita sudah registrasi. Saat ini harganya di kisaran Rp 14-15 jutaan, tergantung BBN (Bea Balik Nama) tiap daerah, sampai saat ini belum keluar. Mungkin baru minggu keempat bulan Juli baru keluar,” kata Presiden Direktur Yamaha Indonesia, Dyonisius Beti di sela-sela test ride Jupiter Z1 di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/7/2012).

Apa saja perbedaan motor ini dengan versi karburator?

Memiliki tagline ‘Yang Lain Semakin Ketinggalan Lagi‘, Jupiter Z1 mengusung mesin baru yang membuat performanya meningkat 20 persen karena mengadopsi teknologi motor balap YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology dan Forged Piston.

YZ Crankshaft Technology meningkatkan akselerasi dan torsi, sudah digunakan di motor trail Yamaha YZ450F. All New Jupiter Z1 yang diluncurkan Yamaha juga kian sempurna dengan Low Friction Technology yang memperkecil hambatan tenaga akibat gesekan sehingga tenaga mesin menjadi lebih optimal. Forged Piston yang memiliki daya tahan tinggi dan ringan sehingga mampu menyalurkan tenaga mesin yang besar serta menjadikan motor lebih mudah berakselerasi.

Mesin baru All New Jupiter Z1 didukung dengan teknologi Fuel Injection yang membentuk high performance karena akselerasi yang lebih responsif. Mesin anyar 4 langkah, 2 valve SOHC dengan pendingin udara berkapasitas 113,7 cc kini makin irit berkat asupan bahan bakar dari sistem injeksi dan mampu menunjukkan penghematan hingga 20 persen dari versi karburatornya.

Selain aksen baru di lampu depan dan belakang serta speedometer juga penambahan lis warna merah di peleknya, kedua motor itu terasa serupa. Tentu saja dengan striping dan nama yang berbeda. Suara knalpot yang lebih bertenaga juga membuat para pengendara motor yang memiliki tagline ‘Yang Lain Semakin Ketinggalan Lagi‘ ini jadi lebih percaya diri. Perpindahan transmisi pun kini lebih halus. Striping motor yang digunakan bertemakan gold metal dragon heart (naga emas dari emas yang tengah mencakar). Naga emas metal ini mengibaratkan sebuah naga robot yang dihidupkan teknologi FI yang canggih dan futuristik.

Yamaha mengambil elemen material metal untuk memperkuat kesan canggih modern. Grafis unik All New Jupiter Z1 disematkan pada cover side dan leg shield. Desain pada tubuh All New Jupiter Z1 bertambah menarik dengan tulisan Fuel Injection pada leg shield kanan dan kiri. Lalu di dekat front panel ada stiker Jupiter Z1.

Untuk menyegarkan tampilan All New Jupiter Z1, hero bike warna putih dibuat beda sendiri dengan tiga warna, dasarnya putih dikombinasikan dengan merah dan hitam. Warna merah ditempatkan pada center backbone, ini pertama kalinya warna merah ada di bagian itu untuk motor bebek di Indonesia. Merah menggambarkan kecanggihan FI. Yamaha menggunakan ini untuk All New Jupiter Z1, motor bebek pertamanya dengan mesin injeksi.

Warna putih kombinasi merah dan hitam hanya buat All New Jupiter Z1 CW (Cast Wheel). Varian velgracing itu tersedia juga empat warna lainnya, biru kombinasi warna hitam, hitam dengan hitam, hijau hitam dan merah hitam. Untuk empat warna itu bagian centre backbone nya berwarna hitam.

Fiturnya makin kaya dan bergaya dengan pinstripe berwarna merah buat All New Jupiter Z1 CW warna merah, hitam dan putih. Sedangkan All New Jupiter Z1 CW warna biru dan hijau pinstripe-nya dipilih berwarna putih. Yamaha juga menyediakan All New Jupiter Z1 Spoke Wheel (velgjari-jari) warna hitam kombinasi hitam dan warna merah kombinasi hitam.

Spesifikasi Jupiter Z1:

Dimensi :

P x L x T (mm) 1.935 x 680 x 1.065
Jarak Sumbu Roda : 1.240 mm
Jarak Terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi tempat duduk : 765 mm
Berat isi : 101 kg (spoke wheel) / 102 kg (cast wheel)
Kapasitas tangki bensin : 4.1 liter

Mesin :

Tipe mesin : 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin udaraa
Jumlah/posisi silinder : silinder tunggal/mendatar
Volume : 113.7 cc
Perbandingan kompresi : 9.3 : 1
Daya maksimum : 10,06 PS (7.4 kW) / 7.750 rpm
Torsi maksimum : 9.9 Nm/6.500 rpm
Sistem starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli mesin : Total 1 liter
Sistem bahan bakar : Fuel Injection System (F1)
Tipe Transmisi : Rotary, 4 Kecepatan

Rangka

Tipe rangka: Steel Tube Underbone
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Lengan ayun, suspensi ganda
Ban depan: 70/90-17MC 38P
Ban belakang: 80/90-17MC 44P
Rem depan: Cakram
Rem belakang: Tromol

Kelistrikan

Sistem pengapian: TCI (Transistor Control Ignition)
Battery: YTZ4V / GTZ4V (MF Battery 3 Ah)
Tipe busi: NGK-CR6HSA

Sumber : detikoto