Jupiter Z1 Sebuah Metamorfosa Spektakuler Yamaha Jupiter!

Juli 2012 Yamaha Jupiter mengalami metamorfosa secara signifikan. Seperti apakah fase-fasenya?

Lahir pertamakali tahun 2000 silam, Yamaha Jupiter terus menjadi buah bibir dengan berbagai keunggulan teknologi yang disematkan. Diambil dari nama salah satu planet, motor bebek ini semakin jauh meninggalkan pesaing-pesaingnya. Kemudian, pada 2003 ditambahkan huruf Z menjadi Jupiter Z. Penambahan aplhabet Z yang berarti Jupiter Z memiliki teknologi terkini dan mutakhir.

Tahun 2009 menjadi tahun kelahiran generasi ketiga Jupiter Z dengan konsep baru. Memang benar-benar baru karena pada Yamaha Jupiter Z 2003-2009 mengadopsi mesin berkekuatan 110 cc, sedangkan New Jupiter Z berbasis mesin 115cc yang merupakan desain baru dari Yamaha.

Januari 2012, Yamaha melakukan perubahan minor pada Jupiter Z White. Tampilan Jorge Lorenzo merepresentasikan elegan dan mewahnya New Jupiter Z White dan ini menjadi puncak perkenalan perubahan terbaru pada motor bebek kebanggaan Yamaha ini.

Selasa, 10 Juli 2012 Sirkuit Sentul, Jawa Barat menjadi saksi kelahiran generasi terbaru All New Jupiter Z1. Yamaha melakukan terobosan spektakuler dengan inovasi terbaru yakni membenamkan teknologi fuel injection (FI) untuk motor bebek perdananya.

Yamaha All New Jupiter Z1 mengusung tagline baru ‘Yang Lain Semakin Ketinggalan Lagi’. Turut hadir para petinggi PT YIMM dalam acara perkenalan Yamaha All New Jupiter Z1 di Sirkuit Sentul antara lain, Mr. Yuchi Takeda (Project Leader New Jupiter Z1), Mr. Yuji Tokunaga, Mr. Tsunezi Suzuki (President Director), Mr. Dyonisius Beti, Mr. Hidefumi Seto, Mr. Toru Yamaguchi, Mr. Akhito Fujiwara, Sutarya, Eko Prabowo dan Muhammad Abidin. Pemaparan dilakukan secara bergantian para petinggi PT YIMM untuk memperkenalkan teknologi mutakhir yang ada pada All New Jupiter Z1. Setelah itu, test ride turut digelar untuk pembalap, wartawan dan perwakilan dari bikers Yamaha.

Mesin baru All New Jupiter Z1 membuat performanya terdongkrak menjadi 20 persen lebih gesit. Karena motor bebek generasi terbaru ini turut diperkuat dengan teknologi YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology dan Forged Piston. Selain itu fuel injection (FI) yang dibenamkan pada motor ini membentuk high performance karena akselerasi makin responsif dan semakin canggih untuk balapan. Akselerasi responsif ini bisa dilakukan dalam kondisi apapun (low-middle-high performance). Kecepatan New Jupiter Z1 juga turut didukung dengan bodi motor yang didesain lebih efisien untuk menembus angin.

Sumber : motodream