Jupiter Z1 Iringi Kesuksesan Lorenzo di Mugello!

Untuk pertama kalinya tulisan Jupiter Z1 (generasi bari dari Yamaha Jupiter Z) disematkan di bagian lengan, tampaknya memberi semangat dan energi tersendiri bagi Lorenzo ketika berlaga di Mugello, Minggu 15 Juli 2012. Jupiter Z1 sukses mengiringi keberhasilan Lorenzo meraih kemenangan sebagai juara Mugello dan memantapkan posisi juara dunia 2010 ini di posisi puncak klasemen sementara dengan raihan 185 poin.

Jalannya balapan:

  • Lorenzo yang menempati posisi start 2 langsung memberikan tekanan kepada Pedrosa yang meraih pole position sejak bendera start dikibarkan. Sedangkan juara bertahan Casey Stoner yang berada di posisi start 5 melorot ke posisi 7 di tikungan pertama.
  • Baru di lap 3, Lorenzo yang menjadi juara di Mugello tahun lalu, sukses menyalip Pedrosa. Bahkan, Pedrosa melorot ke posisi 3 setelah disalip andalan Yamaha Tech 3, Andrea Dovizioso. Sampai lap 3, posisi 3 besar ditempati Lorenzo-Dovi-Pedrosa.
  • Di lap 6, Pedrosa mampu menyalip Dovi. Perebutan posisi 2 menjadi sangat menarik di saat Lorenzo jauh di depan. Pada lap 8, untuk kali pertama setelah GP Portugal, Ducati punya dua pembalap di front row yakni Nicky Hayden dan Hector Barbera.
  • Pedrosa baru bisa melepaskan diri dari kejaran Dovi di lap 9 setelah unggul 1,555 detik. Dan pembalap Spanyol ini mulai tenang mengejar kompatriotnya Lorenzo.
  • Di lap 12, juara bertahan Casey Stoner melintir ke gravel dan tidak seberuntung tim satelitnya yakni Stefan Bradl yang start dari posisi 8 mampu menembus 3 besar di lap 12. lain pula dengan andalan Ducati, Hayden melorot ke posisi 5.
  • Sejak lap 18, Lorenzo semakin tak terkejar karena sudah unggul 3 detik atas Pedrosa. Di lap 21, Stoner naik ke posisi 8 setelah melewati Barbera. Sementara itu, Valentino Rossi mampu berada di posisi 5 di lap 22. Dan saat balapan menyisakan 2 lap, Lorenzo dipastikan menjadi juara MotoGP Italia. Karena ia sudah unggul 6 detik atas Pedrosa.
  • Dan akhirnya, Lorenzo meraih kemenangan ke-5 di MotoGP musim ini. Juara dunia 2010 ini pun kokoh di puncak klasemen, Ia unggul 21 poin atas Pedrosa yang finis di posisi 2 GP Italia ini.

Kendati tampil dominan, Lorenzo menyebut kemenangannya ini tidak dia dapat dengan sangat mudah.

Saya tahu ini akan jadi balapan yang sangat sulit karena Dani juga punya kecepatan yang sangat bagus,” ungkapnya di salah satu media olahraga.

Jadi, saya mencoba untuk menyalipnya di tikungan pertama dan membuat jarak karena setahu saya mereka agak kesulitan dengan ban baru, tapi ternyata tak seperti itu. Mereka tetap menempel saya. Di 10 lap awal, saya tak bisa membuat jarak,” papar rider asal Spanyol ini.

Namun, kemudian dengan makin berusaha, berusaha, dan berusaha, dan mencatat waktu sekitar 1 menit 47 detik (per lap), saya mulai bisa menjauhkan diri,” tambahnya.

Saya mencoba tetap bertarung dengan pebalap-pebalap di belakang dan terus menambah jarak. Setelah itu sedikit lebih mudah dan saya bisa membalap dengan lebih lancar,” pungkas Lorenzo.

Sumber : dari berbagai sumber