Profil Indonesia Dalam Sejarah Olimpiade

Pada Olimpiade Helsinki tahun 1952, Indonesia untuk pertama kalinya diwakili oleh tiga orang yakni Maram Sudarmodjo yang berhasil menempatkan diri pada urutan ke-20 dalam cabang olahraga lompat tinggi, Habib Suharko pada cabor renang dan Thio Ging Hwie pada cabor angkat besi .

Pada Olimpiade Melbourne pada tahun 1956, tim Indonesia menampilkan atlet perempuan untuk pertama kalinya sebanyak dua orang. Keduanya berkompetisi di cabang olahraga renang.

Medali pertama Indonesia di turnamen Olimpiade datang pada tahun 1988 yakni pada Olimpiade Seoul. Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman Lantang dan Kusuma Wardhani berhasil merebut perak di cabang olahraga tim panahan perempuan.

Indonesia telah memenangkan setidaknya satu medali di bulutangkis sejak pertama kalinya olahraga ini diperkenalkan di Olimpiade Barcelona pada tahun 1992. Dalam turnamen bulutangkis 1992, Alan Budikusuma berhasil memenangkan medali emas untuk tunggal putra dan Susi Susanti Haditono merebut gelar tunggal putri. Mereka adalah juara Olimpiade pertama dari Indonesia dengan masing-masing merebut medali emas. Pasangan ini pun tak lama kemudian menikah.

Pada Olimpiade Atlanta 1996, Rexy Mainaky dan Ricky Subagja berhasil meraih emas di cabor bulutangkis ganda putra. Tony Gunawan dan Candra Wijaya juga secara estafet berhasil memenangkan ganda putra di Olimpiade Sydney 2000. Sementara di Olimpiade Athena tahun 2004, Taufik Hidayat berhasil keluar sebagai pemenang tunggal putra. Raihan prestasi dari cabor bulutangkis lainnya yakni pada Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido dan Hendra Setiawan berhasil merebutl emas untuk ganda putra.

Indonesia telah memenangkan setidaknya satu medali emas bulutangkis dalam setiap permainan sejak diperkenalkan ke program Olimpiade pada tahun 1992. Untuk Indonesia medali lainnya telah datang dari cabang olahraga angkat besi. Raema Lisa Rumbewas berhasil meraih perak di kelas ringan Olimpiade Sydney 2000 dan medali perak di kelas bulu dalam turnamen Olimpiade Athena tahun 2004. Semoga lagu kebangsaan Indonesia akan dikumandangkan lagi dalam turnamen Olimpiade London yang akan berlangsung mulai 27 Juli besok hingga 12 Agustus nanti.