Informasi Ruas Tol Jagorawi & Purbaleunyi Terbaru

Sepanjang jalur tol Jagorawi dan Purbaleunyi selalu dipadati oleh pemudik saat menjelang lebaran. Hal ini karena jalur tersebut menghubungkan antara kota Jakarta, Bogor, dan Bandung. Sebelum melewati jalan tol tersebut, informasi terbaru yang kami lansir dari detikcom mungkin akan bermanfaat untuk Anda.

  • Jagorawi adalah jalan tol yang merentang dari Jakarta-Bogor-Ciawi. Jalur ini sudah terkenal macet saat di akhir pekan, apalagi saat mudik nanti. Sedangkan Purbaleunyi adalah ruas Purwakarta-Bandung-Cileunyi, jalan tol ini menjadi penghubung antara kota Jakarta dan Bandung.
  • Dari pantauan yang dilakukan pada hari Rabu (1/8/2012), jalan tol Jagorawi terpantau dalam keadaan baik dalam arti tidak ada perbaikan jalan ataupun penambahan jalur pada sisi-sisinya. Kondisi jalan cukup mulus, baik itu dari arah Jakarta ke Bogor ataupun sebaliknya.
  • Untuk tol Purbaleunyi, kondisi jalan cukup baik hingga di Kilometer 80. Namun, setelah kilometer tersebut terlihat ada beberapa perbaikan jalan. Perbaikan jalan tersebut berupa pemasangan pagar beton dan juga pemulusan permukaan jalan.
  • Dari km 80 hingga km 147 ada beberapa titik yang sedang dalam tahap perbaikan. Serta, terdapat banyak spanduk peringatan yang bertuliskan ‘Pemasangan Pagar Beton Lokasi Ruas Jalan Tol Purbaleunyi’ dan juga ‘Pemasangan Guard Rail Ruas Jalan Tol Pudaleunyi‘, serta ‘Penambahan Jalur di Ruas Tol Kopo-Buah Batu‘.
  • Saat dilakukan pemantauan ketika melintas di kilometer 97 misalnya, dari dua ruas jalan yang dapat digunakan hanya satu ruas saja yang berfungsi. Sehingga menyebabkan sedikit kemacetan karena hanya terdapat satu jalur saja yang dapat dilalui. Namun, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) memastikan perbaikan ini hanya perbaikan rutin saja.

Tidak ada perbaikan besar untuk mudik tahun ini, hanya perbaikan rutin saja,” kata kepala Badan Pengelola Jalan Tol, Gani Gazali ketika dimintai keterangan mengenai persiapan dan kondisi jalan tol untuk bulan Ramadan kali ini.

Diperkirakan, perbaikan-perbaikan tersebut akan rampung sebelum arus mudik dimulai. Bagi Anda yang akan melintasi jalur tol Jagorawi dan Purbaleunyi, diharapkan lebih berhati-hati dalam berkendara saat perjalanan pulang. Patuhi papan-papan penunjuk dan spanduk peringatan yang berada di jalan tol. Semoga perjalanan Anda aman dan lancar hingga sampai di tujuan.

Sumber : detik