Doni Tata : Teknologi Injeksi di All New Jupiter Z1 Setara YZF-R6

Pada acara “Workshop Injeksi & Test Ride All New Yamaha Jupiter Z1” hari Kamis lalu yang sebelumnya pernah dibahas, selain dijelaskan teori tentang injeksi dan praktek perawatannya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga memperkenalkan teknologi injeksi yang diterapkan pada All New Jupiter Z1.

Khusus pada teknologi injeksi, Doni Tata pembalap supersport 600 cc Yamaha juga ikut angkat bicara. Doni yang langsung datang dari Jogja sebagai bintang tamu di Ballroom Gd. Gramedia Majalah, di Jl. Panjang No. 8A Kebun Jeruk, Jakarta ini merasa terkesan setelah melihat sistem injeksi yang terdapat pada Jupiter Z1 yang baru kali ini dipahaminya.

Luar biasa, saya juga kagum dengan aplikasi sistem injeksi terbaru di Yamaha Jupiter Z1. Udah mirip banget dengan injeksi di Yamaha YZF-R6. Baik sistem kerjanya maupun kemudahan setup untuk keperluan balap,” puji Doni.

Saya rasa motor ini sudah cukup sempurna sebagai varian terbaru motor bebek injeksi dari Yamaha. Sistem yang baru ini juga tidak akan sulit untuk disetting jadi motor balap, karena dasar pengembangannya sudah ada di Yamaha R6. Hanya saja perlu penyesuaian dengan kapasitas mesin yang lebih kecil,” terangnya.

Untuk pengembangan mesin balap, Yamaha sudah menyiapkan YZ Power Tuner dan ECU Racing Untuk All New Jupiter Z1. Dengan dua perangkat ini, suplai bahan bakar dan timing pengapian dapat diatur ulang sesuai dengan modifikasi yang telah dilakukan.

Doni sendiri merasa bangga didaulat sebagai test rider pertama yang membuka acara test ride New Jupiter Z1 di pelataran parkir belakang Gd. Gramedia Majalah, yang merupakan markas besar OTOMOTIF Group.

Dengan adanya arahan dan instruktur safety riding seperti ini, jadinya sesi tes juga lebih aman dan nyaman,” pungkas pembalap ramah yang beberapa kali mempertontonkan aksi wheelie ini.

Sumber : otomotif