Jenis Filter Udara Berikut Tips Perawatannya di Musim Kemarau

Musim di sebagian besar wilayah Indonesia masih dalam kondisi musim kemarau. Kaitannya dengan musim kemarau, partikel-partikel debu di jalan semakin banyak. Dengan semakin sedikitnya pepohonan yang asri serta rimbun terutama di kota-kota besar,  semakin sulit juga membendung kumpulan debu yang bebas bertebaran dimana-mana. Tidak heran bila semakin siang volume debu semakin meningkat.

Partikel kecil dan kasat mata ini nyatanya cukup berpengaruh terhadap daya gedor motor, yang secara umum menggunakan filter tipe busa, jenis kertas maupun kertas oli. Filter-filter ini bertugas menyaring udara dari luar untuk mendinginkan mesin atau membuat suhu mesin tetap ideal. Maka logikanya semakin kotor filter udara akan semakin berpengaruh juga terhadap kinerja motor.

Seperti yang dikatan di awal, secara umum sistem filterisasi motor menggunakan tiga jenis filter utama yaitu busa, kertas dan kertas oli. Berbeda tipe, berbeda pula perawatan dan cara membersihkannya. Berikut ini tipe filter udara berikut tips perawatannya :

1. Motor dengan filter udara “TIPE BUSA”

Tipe saringan udara ini, biasa juga disebut sebagai filter konvensional.

Tips:

  • Filter model ini perawatannya lebih mudah dan untuk  membersihkannya pun cukup dengan menggunakan bensin dengan cara direndam atau disiram, kemudian dikeringkan dan setelah itu disemprot dengan udara bertekanan tinggi.
  • Biasanya, supaya kinerja filter dalam menyaring kotoran lebih baik lagi, sebaiknya filter dilapisi oli sebanyak +15 cc kemudian diratakan.

Filter tipe ini biasanya digunakan pada motor Vega 105 cc, Crypton, Jupiter 105 cc, Scorpio, RX King serta filter CVT untuk motor Matik.

2. Motor Dengan Filter Udara “Tipe Kertas”

Filter udara tipe kertas atau biasa disebut “DRY ELEMENT“, mempunyai bahan yang lebih tebal sehingga tidak cepat rusak saat menyaring udara.

Tips:

  • Untuk membersihkannya pun lebih mudah karena tinggal di semprot dengan udara bertekanan dari arah yang berlawanan dengan arah udara masuk dan dilakukan penggantian setiap kelipatan 9.000 km.

Tipe ini biasanya digunakan pada motor Jupiter Z, Vega ZR, Jupiter MX, V-ixion dan Byson.

3. Motor Dengan Filter Udara “Tipe Kertas oli”

Tipe kertas berpelumas oli ini juga biasa di sebut “WET ELEMENT“. Bahan yang digunakan juga hampir sama dengan tipe kertas namun untuk wet element sudah memiliki pelumas khusus di kertasnya yang berfungsi untuk menangkap kotoran.

Tips:

  • Menjaga Kebersihan Filter Motor khusus yang satu ini tidak memerlukan perawatan dan hanya perlu dilakukan penggantian saja setiap kelipatan 15.000 km. Filter tipe kertas oli biasa digunakan pada motor Mio dengan nomor mesin 28D, Mio Soul atau Soul GTdan Xeon.
  • Untuk filter tipe busa dan tipe kertas, dalam kondisi normal seharusnya dibersihkan setiap 2000-3000 km, namun karena sekarang musim kemarau panjang yang menyebabkan jalanan penuh dengan debu, proses pembersihan haruslah lebih sering lagi. Bila perlu seminggu sekali wajib dibersihkan, tentunya disesuaikan dengan kondisi kotoran yang menempel pada filter tersebut. Sedangkan untuk filter udara tipe kertas oli, bila kondisi kotoran yang menempel sudah terlalu tebal, sebaiknya langsung dilakukan penggantian filter udara walaupun jarak tempuhnya belum mencapai 15.000 km seperti yang di sarankan buku petunjuk penggunaan motor.

Sumber : motodream