Pesona Elok Tempat Wisata Favorit Libur Panjang Lebaran

Libur panjang lebaran banyak dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga tidak hanya di rumah, akan tetapi seringkali dimanfaatkan juga untuk mengunjungi obyek-obyek wisata. Tidak heran jika sejak H+2 Lebaran, tempat-tempat wisata dipadati para pengunjung hingga mencapai 1000% bila dibandingkan dengan jumlah pengunjung pada hari libur biasa. Berikut ini tempat favorit yang seringkali dikunjungi ketika libur lebaran karena keelokan dan keunikannya :

Pangandaran – Ciamis

Pantai ini sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan lokal. Pantai indah Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Ciamis yang terletak sebelah timur jawa barat. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms.

Selain dengan keindahan pantainya, pantai Pangandaran juga memiliki beberapa keistimewaan lainnya. Berikut hal yang anda akan dapatkan apabila mengujungi Pantai ini :

  • Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama.
  • Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman.
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih.
  • Memiliki tim penyelamat wisata pantai.
  • Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai.
  • Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
  • Tempat pendaratan tentara Jepang semasa perang dunia II oleh karenanya di sana masih terdapat beberapa gua pertahanan bala tentara Jepang yang dulu dijadikan tempat-tempat persembunyian tentara Jepang yang berniat menyerang tentara Belanda.
  • Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran, dan
  • Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.

Adapun berbagai fasilitas di area Pangandaran antara lain:

  • Lapangan parkir yang cukup luas
  • Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer
  •  Gedung bioskop, diskotik
  •  Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata
  • Bumi perkemahan
  • Sepeda dan ban renang sewaan
  • Parasailing dan jetski, dan
  • Waterboom

Jika Anda berlibur panjang selepas lebaran atau hari raya, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak ke Cukang Taneuh atau Green Canyon yang merupakan salah satu objek wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh dari bibir pantai Pangandaran. Objek wisata ini merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.

 

Di mulut gua terdapat air terjun Palatar sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya panjat Tebing, berenang, bersampan sambil memancing. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di Dermaga Ciseureuh, baik perahu tempel maupun perahu kayuh. Objek wisata ini berdekatan dengan objek wisata Batukaras serta Bandar Udara Nusawiru.

Nama Green Canyon dipopulerkan oleh seorang Perancis pada tahun 1993.Namun, orang Sunda menyebut Green Canyon dengan sebutan Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah.Nama Green Canyon ini juga merupakan pelesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat.

Selain itu, 14 km dari Pangandaran ke arah selatan terdapat Batu Hiu yang merupakan salah satu tempat pariwisata juga. Memiliki panorama alam yang sangat indah. Dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong, kita dapat menyaksikan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya yang menggulung putih.

Pantai Batu Hiu ini tepatnya terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Pantai ini dinamakan Batu Hiu karena ada batu yang terlihat di laut ini dan menyerupai sirip ikan hiu. Untuk menikmati indahnya pantai, kita bisa naik ke atas bukit kecil di pantai ini. Dari atas bukit itulah kita bisa melihat batu yang menyerupai sirip ikan hiu, merasakan sejuknya angin laut dan juga menikmati indahnya Samudra Indonesia.

Uniknya, untuk naik ke atas bukit, kita harus melewati “gerbang” bukit yang berupa terowongan kecil yang berbentuk mulut ikan hiu. Jadi, seolah-olah kita masuk ke dalam mulut ikan hiu. Kita juga bisa bermain air laut di sebelah bukit. Namun hati-hati dengan ubur-ubur yang banyak berserakan di pasir pantai. Dengan segala kelengkapan objek wisata beserta fasilitasnya, tidak heran selepas libur panjang kawasan ini dibajiri puluhan ribu pengunjung.

Sumber : sonicsquad