Waspadai 12 Titik Tanjakan Curam di Jalur Mudik Jabar

Pengemudi dihimbau berhati-hati saat berkendara melintasi jalur mudik lebaran Idul Fitri 2012 di wilayah Jabar. Sedikitnya ada 12 titik tanjakan berkategori curam, terjal, dan tajam yang menjadi perhatian jajaran Polda Jabar.

Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul menyampaikan situasi tanjakan tersebut tersebar di sejumlah daerah. Performa kendaraan roda dua dan empat harus dalam kondisi prima dan laik jalan guna melaju melewati segala medan. Adapun beberapa tanjakan yang menjadi prioritas perhatian antara lain daerah Gentong,Nagrek serta tanjakan-tanjakan di sekitar ruas jalan Malangbong , Singaparna, Ciawi, Wado, Tanjung Sari dan Cijelag.

Yaitu di Gentong, Nagreg – Limbangan, Limbangan- Malangbong, Ciawi – Rajapolah, Singaparna – Garut, Sumedang – Wado, Cileunyi – Tanjungsari, dan Cikamurang – Cijelag,” jelas Martin.

Martin melanjutkan, cara bertindak yang dilakukan pihak kepolisian di kawasan tanjakan curam itu yakni dengan melakukan ploting personel dan mengatur lalu lintas dengan skala prioritas. Selain itu, sebut dia, untuk mengantisipasi kecelakaan serta padatnya kendaraan, maka dilakukan pemasangan rambu peringatan, penyiapan Tim Unit Pengurai Simpul Macet (UPSM), dan Public Addres. Tidak ketinggalan disiapkan juga mobil derek beserta bengkel.

Juga menyiapkan mobil derek, bengkel, dan mengerahkan tim ganjal,” tambah Martin.