Musim Hujan Tiba, Hindari Penggunaan Jas Hujan Ponco

Cuaca tidak menentu saat ini melanda beberapa sebagian besar wilayah di Indonesia, termasuk di kota Bandung dan sekitarnya.Ya, memang saat ini sebagian wilayah Indonesia sedang mengalami peralihan musim kemarau ke musim hujan. Hujan pun turun sering disertai dengan angin kencang, situasi yang tentu mengancam para biker saat berkendara. Alhasil langkah preventif agar aman di jalan dan selamat sampai di tempat tujuan mesti dikedepankan, termasuk dalam pemilihan jas hujan.

Meski telah sering diulas , namun sebagian biker atau pengendara motor masih kerap memilih dan menggunakan jas hujan tipe Ponco sebagai pilihan. Alih-alih alasan umum, yakni harga jas hujan ponco yang diklaim relatif lebih terjangkau. Padahal hanya dengan hemat beberapa puluh ribu rupian, potensi bahaya yang dapat menyebabkan cidera fatal pun dapat terhindari.

Dyan Dilato, seorang pakar safety riding lulusan lembaga pendidikan Stay Upright Australia menuturkan, bahwa jas hujan jenis ponco terbukti mengganggu aerodinamika saat diterpa hujan dan angin, hingga menimbulkan efek bahaya bagi pengendara motor.

Berkurang atau hilangnya aerodinamika bagi pengendara berarti menurun faktor keamanan, sehingga efek muaranya adalah menurunnya sisi keseimbangan yang bisa menyebabkan kecelakaan dengan pengendara lainnya. Terlebih jarak antar kendaraan di jam-jam sibuk di kota-kota besar sangatlah dekat, sehingga kehilangan keseimbangan sedikit saja maka bahaya kecelakaan mengintai.

Belum lagi masalah jas hujan yang bisa mengganggu pandangan pengguna jalan lainnya atau faktor klasik lainnya seperti tersangkut di rantai,” terang Dyan.

Sudah ada beberapa contoh kejadian menurut Dyan, dimana jas ponco menyangkut di rantai atau roda motor, yang bahkan menyebabkan kematian jika jas hujan terus berputar di roda atau ban tanpa upaya segara di lepaskan lilitannya.

Meski telah beberapa kali terjadi, namun masih ada saja biker yang bandel tidak mengindahkan bentuk peringatan preventif seperti ini. Pilihan sebenarnya sederhana, mau hemat berujung maut atau mengeluarkan sedikit dana lebih yang penting relatif jauh lebih aman dengan membeli setelan jas hujan baju dan celana,” tukas Ade dari Komunitas pengguna Yamaha RXZ.

Mencegah tentu lebih baik dari mengobati tentunya. Semoga bermanfaat 😉

Sumber: yamaholigan