Berjaya di Misano, Lorenzo Makin Kokoh di Puncak Klasemen

Jorge Lorenzo menggagalkan ambisi Dani Pedrosa untuk meraih kemenangan di tiga seri secara beruntun. Dengan memenangi balapan MotoGP San Marino, Lorenzo kini menjauh lagi dari Pedrosa di papan klasemen.

Di Sirkuit Misano, Minggu (16/9/2012) , Lorenzo diuntungkan oleh berbagai masalah yang dialami Pedrosa di awal lomba. Rider jagoan Yamaha ini melaju mulus dari start hingga garis finis.

Pedrosa akhirnya tak mampu menambah poin dari balapan kali ini. Dia mengalami kecelakaan di lap pembuka dan tak bisa meneruskan balapan. Sementara itu, Valentino Rossi berhasil naik podium untuk kedua kalinya pada musim ini. Meski tertinggal lumayan jauh dari Lorenzo, dia bisa finis kedua di depan Alvaro Bautista. Dengan hasil balapan kali ini, Lorenzo nyaman di puncak klasemen pebalap dengan raihan 270 poin dari 13 seri. Dia unggul 38 poin atas Pedrosa.

Jalannya balapan:

  • Meski menempati pole position, Pedrosa terpaksa start dari posisi paling belakang karena mesin motornya bermasalah menjelang start.
  • Lorenzo, yang sebenarnya start dari posisi kedua, tentu saja mendapatkan keuntungan dengan masalah yang dialami Pedrosa. Dia mengawali balapan dengan baik dan langsung melesat ke depan, sementara Rossi juga membuat start impresif dengan menyodok ke posisi kedua.
  • Nasib buruk Pedrosa tak berhenti sampai di situ. Masih di lap pertama, saat sudah berhasil menyalip beberapa pembalap, dia mengalami kecelakaan karena disenggol Hector Barbera dari belakang. Kedua pembalap tersebut akhirnya tak bisa meneruskan balapan.
  • Jatuhnya Pedrosa membuat Lorenzo nyaman menempati posisi terdepan. Dia mampu menjaga jarak aman dengan Rossi dan Stefan Bradl yang berada di urutan kedua dan ketiga.
  • Hingga memasuki lap ke-8, Lorenzo tak mendapatkan perlawanan berarti dan unggul lebih dari dua detik atas Rossi. Di belakangnya menyusul Bradl, Andrea Dovizioso, Alvaro Bautista, Ben Spies, dan Nicky Hayden.
  • Lorenzo terus menjauh dari kejaran Rossi. Di lap ke-14, rider Spanyol ini sudah membuat jarak hingga lebih dari 4,5 detik. Sementara itu, Rossi terus berusaha mempertahankan posisinya dari tekanan Bradl, Dovizioso, dan Bautista.
  • Bautista sukses menyodok ke posisi ketiga setelah melewati Dovizioso dan Bradl. Hingga enam lap menjelang finis, Lorenzo masih di urutan terdepan, disusul Rossi, Bautista, Bradl, Dovizioso, Spies, dan Hayden.
  • Hingga akhir balapan, Lorenzo tak terkejar lagi. Rossi bisa mempertahankan posisi kedua. Sementara itu, Bautista bisa finis ketiga meski sempat mendapatkan tekanan hebat dari Dovizioso di lap terakhir.

Sumber : detik