Kenali 4 Sinyal Tangan Ketika Berkendara

Para pengendara di Indonesia, baik kendaraan roda dua maupun pengendara kendaraan roda empat, tidak banyak yang mengetahui bagaimana menggunakan sinyal tangan secara benar dalam berkendara di jalan.

Jika seorang pengendara sepeda motor atau pengendara mobil dengan jendela terbuka, maka pada saat akan membelok ke kanan, ia akan merentangkan lengan kanannya setinggi bahu (atau sedikit lebih rendah) dengan telapak tangan menghadap ke bawah ( ke tanah) sebagai tanda bahwa ia akan membelok ke kanan.

Atau, pengendara akan merentangkan lengan kanannya dengan telapak tangan menghadap ke bawah, dan mengayun-ayukan tangan tangan sebatas pergelangan, kemudian membelok ke kanan. Mengayun-ayunkan tangan sebatas pergelangan dianggap sebagai permintaan pada kendaraan di belakangnya untuk mengurangi kecepatan karena ia akan membelok. Ternyata kebiasaan sehari-hari yang ditemui di jalan itu adalah kebiasaan yang diajarkan ayah kepada anak, kakak kepada adik, atau menyebar dari seorang ke orang yang lain (seorang melakukannya dan orang lain menirunya). Tidak heran jika kemudian sinyal tangan itu tidak dilakukan secara benar atau tidak sesuai aturan.

Dalam Buku Panduan untuk Pariwisata di Hindia Belanda (Handboek voor Teorisme in Netherlandsch-Indie) yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi Belanda, Java Motor Club, yang berkantor pusat di Semarang, disebutkan ada empat sinyal tangan.

1. Saya Akan Berhenti

Pengendara mengeluarkan lengan dari jendela mobil dan menekuknya dengan sudut 90 derajat (vertikal) dengan telapak tangan menghadap ke depan.

2. Saya Akan Membelok ke Kanan

Pengendara merentangkan lengan secara horizontal dengan telapak tangan menghadap ke depan (bukan menghadap ke tanah).

3. Saya Akan Mengurangi Kecepatan

Pengendara merentangkan tangan secara horizontal dengan telapak tangan menghadap ke tanah, dan secara perlahan mengayun-ayunkan tangan sebatas pergelangan. Mobil di belakang diminta untuk tidak mendahului karena di depan ada orang yang menyeberang, atau kendaraan yang akan melintas.

4. Silakan Mendahului Dari Sebelah Kanan Saya

Pengendara merentangkan lengan secara horizontal dengan telapak tangan menghadap ke depan. Kemudian telapak tangan digerakkan ke depan dan ke belakang.

Sumber : kompas