Teknik Pengereman Secara Optimal

Mendapatkan hasil pengereman yang optimal tentu menjadi harapan setiap pengendara. Berikut ini teknik yang diadopsi dari teknik pengereman optimal versi sebuah situs di Eropa, lazymotorbike.

Bila bikers ingin mengerem dengan jarak sependek mungkin, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan rem belakang. Tetapi hindari melakukan pijakan terlalu keras. Penggunaan rem belakang merupakan awal untuk memindahkan beban dari roda belakang menuju roda depan. Proses ini untuk mencegah ban belakang mengangkat dan keadaan motor bisa tetap stabil, saat proses pengereman berlangsung.

Dengan lebih dahulu menggunakan rem belakang, maka bobot di roda depan akan bertambah ketika mulai menggunakan rem depan. Implikasinya bikers dapat menarik rem depan lebih keras. Namun tentu saja jangan menarik rem depan sekeras mungkin, khususnya pada awal difungsikan. Mulailah dengan lembut, lalu mulai menarik lebih keras saat bobot telah mulai berpindah ke roda depan. Jika Anda berhasil melakukannya dengan baik, maka grip yang dihasilkan roda depan akan pada kondisi terbaik.

Konsep “menarik rem” di sini dapat dianalogikan ketika menekan jeruk dengan setengah kekuatan. Hal ini umumnya tidak disadari sebagian biker, mengenai kemampuan motornya dalam melakukan pengereman.

Semakin cepat kendaraan, semakin mungkin Anda bisa melakukan pengereman keras. Hal ini karena pada saat kecepatan tinggi, proses perpindahan bobot ke roda depan akan semakin cepat pula. Artinya Anda dapat mulai menarik rem depan lebih dini, tapi ingat hukumnya “mulailah dengan penggunaan rem belakang lebih dahulu”, mengingat tingkat kecepatan hembusan udara di sekitar motor juga akan mengambil peran dalam proses peralihan bobot ke roda depan.

Ketika proses pengereman roda depan mulai menarik lebih tinggi, maka situasi akan mulai berbalik. Artinya bobot di roda belakang akan semakin berkurang, hingga akhirnya beban tidak lagi berada di roda belakang. Jadi setelah menyentuh rem belakang, mulailah bergegas untuk melepaskan. Semoga tips singkat ini bermanfaat 😉

Sumber : yamaholigan