Yamaha Rilis Mesin Tiga Silinder Baru Berteknologi MotoGP

Dalam gelaran Intermot 2012 di Cologne, Jerman, Yamaha menampilkan teknologi terbarunya yakni mesin 3 silinder. Mesin ini diyakini akan menjadi mesin andalan Yamaha ini di masa mendatang. Dengan tiga silinder, efisiensi pada proses produksi pun bisa didapat.

Hal ini sama seperti tren pada industi mobil, dimana pabrikan berlomba menciptakan mesin berkapasitas mesin kecil dengan jumlah silinder yang diefisiensikan. Dari empat menjadi tiga silinder. Tapi soal performa juga dikejar agar setara dengan mesin 4 silinder.

Soal performa, Yamaha juga sudah punya jawabannya. Teknologi crossplane crankshaft yang sejatinya telah diaplikasikan pada Yamaha YZR-M1 di MotoGP dan motor jalanan YZF-R1 akan digunakan juga. Crossplane crankshaft adalah konstruksi kruk as yang mengatur tata letak bergeraknya masing-masing piston dengan jeda setiap 90 derajat. Sedangkan mesin konvensional adalah pada 180 derajat tiap dua piston.

Yamaha meyakinkan dengan sistem crossplane pada crankshaft atau kruk as, mampu mengurangi torsi inersia. Efeknya, dengan mesin ini mampu menghasilkan tenaga lebih besar dan merata. Tapi kelemahannya adalah soal getaran, maka Yamaha juga telah menambahkan sebuah balancer di crankshaft sebagai solusinya .

Pada Yamaha YZR-M1 di MotoGP, balancer ini terletak di antara crankshaft  dan transmisi, selain mengurangi getaran juga berfungsi untuk membantu membalikkan rotasi atau pergerakan crankshaft.

Tapi pada Yamaha YZR-M1 di MotoGP dan motor jalanan YZF-R1 yang digunakan adalah mesin 4 silinder. Sedang mesin baru Yamaha ini tiga silinder, belum ada banyak data yang dipaparkan. Apakah crossplane crankshaft-nya akan diatur pada setiap 120 derajat sesuai dengan jumlah silindernya yang hanya 3, atau memiliki desain mesin yang berbeda. Bilamana naik turunnya piston diatur setiap 120 derajat maka akan sama seperti yang dipakai oleh mesin Triumph dan MV Agusta yang sudah lebih dulu. Kita nantikan berita lanjutannya, yang pasti mesin ini akan menjadi senjata buat moge-moge baru Yamaha di masa depan. 😉

Sumber : motorplus