Mengunci Titel Juara MotoGP 2012, Lorenzo Kini Menjadi Pembalap Spanyol Tersukses di Kelas Primer

Lorenzo mengunci titel Juara Dunia seusai menjadi runner-up MotoGP Australia hari Minggu (28/10/2012), ketika rival utamanya Dani Pedrosa gagal finis karena terjatuh di awal lomba. Walaupun kompetisi menyisakan satu seri di Valencia, tapi perolehan angka rider Spanyol itu sudah takkan mungkin dilewati Pedrosa.

Ketika merengkuh gelar juara yang pertama di tahun 2010, Lorenzo mendapat saingan besar dari rekan setimnya sendiri, yakni Valentino Rossi, yang sempat absen beberapa seri karena cedera. Namun di tahun lalu, setelah Rossi pindah ke Ducati yang tidak kompetitif, lawan besar Lorenzo adalah Honda. Tak tanggung-tanggung, ia dikeroyok tiga rider tim Repsol: Pedrosa, Casey Stoner, dan Andrea Dovizioso. Ia pun kalah dari Stoner dan kehilangan gelarnya.

Di musim ini Lorenzo juga harus bertarung keras melawan Pedrosa dan Stoner, Dovizioso pindah ke Tech 3 Yamaha. Kedua musuhnya itu terus menekan dia, sampai kemudian Stoner mengalami cedera di Indianapolis dan absen tiga seri.

Pedrosa juga memberi perlawanan yang hebat buat Lorenzo dengan memenangi lima dari enam seri terakhir sebelum di Phillip Island. Namun, semua tekanan itu seketika selesai setelah Pedrosa menuai kegagalan di Australia.

Aku sangat sangat senang dengan kompetisi ini,” ucap Lorenzo dalam jumpa pers setelah lomba.

Hari ini hari istimewa buatku. Aku berterima kasih pada semua orang yang percaya dan ingin aku menang,” tuturnya.

Musim depan Lorenzo akan kembali berpartner dengan Rossi setelah “The Doctor” memutuskan berpisah dengan Ducati. Mereka akan kehilangan Stoner karena rider Australia itu telah memutuskan pensiun di akhir musim ini.

Kesuksesan Jorge Lorenzo mengamankan gelar MotoGP 2012 membuatnya kini mengantongi dua titel juara dunia kelas primer. Dari jumlah itu, ia kini menjadi rider Spanyol tersukses di kelas primer Grand Prix sepeda motor.

Untuk Lorenzo, gelar juara dunia MotoGP 2012 ini merupakan yang kali kedua untuknya setelah sebelumnya pembalap kelahiran Palma, Spanyol, 25 tahun lalu itu merengkuh gelar juara musim 2010. Dengan demikian maka Lorenzo kini telah melewati torehan pebalap Spanyol lainnya, Alex Criville, yang baru satu kali menjuarai kelas primer (1999). Lorenzo pun menjadi pembalap Spanyol pertama yang bisa memenangi gelar juara dunia kelas primer lebih dari satu kali.

Dicatat situs resmi MotoGP, Lorenzo juga menjadi pembalap ketiga dalam 64 tahun perjalanan Grand Prix sepeda motor, yang mampu menjuarai kelas intermediate dan kelas primer lebih dari satu kali yakni 2006 dan 2007 di kelas 250cc, 2010 dan 2012 di MotoGP. Dua pembalap lain yang bisa melakukannya sejauh ini adalah Mike Hailwood dan Phil Read.

Kesuksesan Lorenzo musim ini sendiri amat patut ia raih menilik hasilnya selama 17 seri yang telah dijalani. Dari balapan yang ia selesaikan, Lorenzo selalu bisa finis di posisi pertama atau kedua di musim 2012. Satu-satunya balapan di mana ia gagal finis di posisi satu atau dua musim ini adalah ketika Lorenzo terlibat insiden dengan Alvaro Bautista di tikungan pertama di Assen dan out.