Pembalap Tanah Air Rafid Topan Jadi Rider Moto2

Pada seri pamungkas GP motor yang berlangsung di Valencia menjadi kesempatan bagi pembalap muda asal Indonesia Rafid Topan Sucipto untuk mencicipi aroma persaingan di balapan kelas Moto2 untuk mengisi sadel kosong di tim QMMF Racing Team, setelah Anthony West terbukti menggunakan doping dan mendapat sanksi larangan turun balapan selama 30 hari, demikian dilaporkan laman Asiaroadracing, Senin (5/11/12).

West dinyatakan terbukti bersalah setelah FIM menerima hasil pemeriksaan urine dan terbukti positif menggunakan zat Methylhexanamine pasca turun di GP Prancis pada Mei lalu dan QMMF (Qatar Motor & Motorcycle Federation) memutuskan untuk menunjuk pebalap Indonesia berusia 17 tahun itu untuk menggantikan Anthony West di GP Valencia. Situs resmi motogp pun membenarkan adanya substitusi rider tersebut (info lengkap klik di sini !).

Topan memang belum memiliki pengalaman di balapan kelas Moto2, debut pertamanya musim ini di balapan Asia Road Racing Championship Supersport 600cc bersama tim Yamaha Indoprom TJM Yamalube KYT team dan saat ini menempati posisi ke-16 di klasemen, setelah menjuarai Indonesian national Novice championships musim 2007 dan juara Expert musim 2009 dan pada 2011 juara Underbone di ajang balapan Asia Road Racing Championship.

QMMF telah memutuskan untuk menurunkan pembalap muda Indonesia berusia 17 tahun itu di musim balapan tahun depan menggantikan pembalap perempuan Elena Rosell dan telah dikonfirmasi oleh Nasser bin Khalifa Al Attiyah selaku Presiden Qatar Motor and Motorcycling Federation (QMMF) di GP Australia.

Sumber : pikiranrakyat

Tinggalkan Balasan