Fenomena Alam : Gerhana Matahari Landa Sebagian Timur Indonesia

Gerhana matahari sebagian akan melanda sebagian kecil wilayah Indonesia timur pada Rabu (14/11) mendatang, saat matahari terbit. Peneliti LAPAN, Thomas Jamaluddin, mengatakan wilayah di Indonesia timur yang akan dilanda gerhana matahari adalah Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku dan Papua. Kendati sama-sama terkena gerhana matahari, durasi waktu gerhana matahari di ketiga provinsi tersebut berbeda.

Gerhana matahari akan melanda Papua sekitar 30 menit dan Maluku selama 15 menit,” ungkap Thomas. Sementara itu, NTT akan dilanda gerhana matahari selama kurang dari 10 menit saja.

Perbedaan durasi gerhana matahari tersebut, lanjut Thomas, disebabkan adanya perbedaan lebar bayangan bulan yang jatuh ke permukaan bumi yang berbentuk lingkaran. Di wilayah tertentu yang lebih dekat dengan jatuhnya bayangan akan terlihat lebih panjang. Sementara semakin ke tepi, bayangan tersebut akan semakin pendek atau kecil.

Gerhana matahari terjadi akibat bulan menjauhi arah matahari menutupi bagian selatan atau kanan bumi. Saat gerhana terjadi di Papua, lanjut dia, matahari akan terlihat seperti tanduk atau sabit.

Thomas mengungkapkan gerhana akan bergerak ke arah timur Australia dan pasifik. Pada bagian Australia utara, gerhana matahari ini akan dapat disaksikan secara penuh.

Secara umum di seluruh dunia, gerhana matahari atau gerhana bulan akan terjadi antara lima hingga tujuh kali dalam setahun.

Hal ini sudah dapat diprediksi, bahkan yang akan terjadi 1.000 tahun lagi, melalui software astronomi,” ungkap Thomas.

Sumber : media indonesia